Pemanfaatan Algortima Personalisasi Youtube (Studi Kasus Analisis Social Construction of Technology di Narasi.tv)

Loi, Natashia (2022) Pemanfaatan Algortima Personalisasi Youtube (Studi Kasus Analisis Social Construction of Technology di Narasi.tv). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (378kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (536kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (406kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (262kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Media di Indonesia tengah mengalami transformasi yang cepat, dari cara produksi berita, pengembangan bisnis media, hingga distribusi informasi berita. Kreativitas jurnalis dalam mendistribusikan karya jurnalistiknya sampai ke ranah penggunaan media sosial, salah satunya Youtube. Teknologi personalisasi yang dikembangkan Youtube dapat memediasi konten video sesuai dengan minat dan peringkat kepada penonton. Namun, banyak penelitian mengenai sistem personalisasi berargumen bahwa sistem rekomendasi secara algoritmik memungkinkan adanya tabrakan dengan praktik jurnalistik, seperti permasalahan filter bubble atau echo chamber. Untuk memahami permasalahan dalam teknologi platform tersebut, terlebih dahulu perlu penelitian lebih mengenai cara kerja serta konstruksi pandangan jurnalis terhadap penggunaan Youtube. Maka dari itu, peneliti ingin meneliti bagaimana media berita Narasi.tv mengimplementasikan penggunaan Youtube di medianya. Menggunakan paradigma konstruktivisme, peneliti menganalisi penggunaan Youtube lewat konsep Social Construction of Technology (SCoT). Hasilnya, penelitian ini menemukan pengaruh penggunaan Youtube terhadap departemen redaksi dan non-redaksi di Narasi.tv, dimana media digital tersebut menginterpretasikan teknologi Youtube sebagai alat pendukung bisnis media dan tolak ukur keberhasilan konten.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Youtube, algoritma personalisasi berita, Social Construction of Technology (SCoT)
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 070 News Media, Journalism and Publishing > 070 News, mass media, journalism, and publishing
600 Technology (Applied Sciences) > 600 Technology > 600 Technology
600 Technology (Applied Sciences) > 690 Construction of Buildings
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 18 Nov 2022 08:25
Last Modified: 17 Jun 2023 05:52
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/19951

Actions (login required)

View Item View Item