Ferdy Berliano, Albertus (2022) Analisis Pengaruh Perceived Quality, Brand Loyalty, Brand Association, dan Brand Awareness terhadap Purchase Intention pada Produk Otomotif: Telaah pada Suzuki Karimun Wagon R. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Populasi kendaraan bermotor di Indonesia selalu bertambah setiap tahunnya termasuk mobil dengan persentase sebesar 4,3% dari tahun 2018 hingga 2020. Mobil sudah menjadi kebutuhan yang tidak dipisahkan bagi keluarga di Indonesia terutama karena kurang memadainya sarana transportasi umum seperti ketepatan waktu, ketersediaan armada serta tingkat kejahatan yang menjadikan banyak orang enggan untuk berpergian dengan transportasi umum. Melihat jumlah kendaraan pribadi terutama mobil yang meningkat sebanyak 4,3%, banyak pabrikan otomotif tertarik untuk berkompetisi di pasar otomotif tanah air mulai dari pabrikan Jepang, Eropa, Korea hingga Cina. Saat ini, pasar otomotif di Indonesia banyak dikuasai oleh pabrikan asal Jepang mulai dari Toyota Daihatsu, Mitsubishi, Suzuki dan Honda yang menempati posisi 5 besar dengan penjualan mobil terbanyak selama 2021. Suzuki adalah salah satu pemain asal Jepang dengan reputasi bisnis yang sangat baik dengan menghadirkan beberapa model yang sangat ikonik seperti Suzuki Carry, Esteem, Escudo, Jimny, Karimun dan saat ini Ertiga. Meskipun mereka memiliki reputasi sebagai produsen otomotif asal Jepang, nyatanya penjualan mereka selalu berada dibawah para rivalnya seperti Mitsubishi hingga dua merek Astra yaitu Toyota dan Daihatsu dengan persentase pertumbuhan sebesar 38,8% sangat jauh jika dibandingkan dengan 3 nama lain yang memiliki persentase diatas 80%. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk mengetahui seberapa besar ekuitas merek yang dimiliki oleh Suzuki serta bagaimana persepsi konsumen di Indonesia terkait brand Suzuki terutama pada salah satu modelnya yaitu Karimun Wagon R yang meliputi perceived quality, brand loyalty, brand association, brand awareness, dan purchase intention. Penelitian ini berjenis kuantitatif dilakukan dengan melakukan penyebaran kuesioner kepada calon responden yang memiliki kriteria berusia diatas 22 tahun serta mengetahui brand Suzuki dan Karimun Wagon R yang kemudian dianalisa dengan metode uji asumsi klasik. Dari analisis data yang dilakukan, ditemukan hasil bahwa variabel perceived quality dan brand loyalty memiliki pengaruh positif terhadap purchase intention sementara pada variabel brand awareness dan brand association tidak memiliki pengaruh positif terhadap purchase intention.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Perceived Quality, Brand Loyalty, Brand Association, Brand Awareness, dan Purchase Intention, viii Analisis Pengaruh...., Albertus Ferdy Berliano, Universitas Multimedia Nusantara |
Subjects: | 600 Technology (Applied Sciences) > 640 Home and Family Management > 640 Home and Family Management > 640.7 Purchasing Guides 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.4 Executive Management > 658.4013 Control and Quality Management 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.8 Mall, Shopping Center, E-Commerce > 658.87 Retail Channel > 658.872 Brand, Branding |
Divisions: | Faculty of Business > Management |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 21 Nov 2022 07:45 |
Last Modified: | 22 Jun 2023 02:35 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/19984 |
Actions (login required)
View Item |