Anastasia, Anastasia (2016) Strategi marketing communications dough darlings dalam menciptakan brands awareness. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Kemajuan smartphone dengan berbagai fitur dan aplikasinya melahirkan sebuah perilaku sosial baru dimana media sosial diakses untuk mencari berbagai informasi akan suatu hal, termasuk ketika akan melakukan suatu pembelian. Media sosial yang populer saat ini ialah social networking seperti Instagram. Keunggulan Instagram tak hanya mengubah perilaku konsumen tetapi juga menyebabkan beragam merek lokal (local brand) yang bermunculan memulai usahanya dalam bentuk online, termasuk pelaku bisnis di industri makanan. Dough Darlings merupakan salah satu local brand dalam industri makanan yang memanfaatkan sarana online dalam melakukan kegiatan komunikasi pemasarannya. Judul penelitian ini adalah “Strategi Marketing communications Dough Darlings dalam Menciptakan Brand Awareness”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi marketing communications yang dilakukan Dough Darlings dalam menciptakan brand awareness serta mengetahui pemanfaatan social media oleh Dough Darlings dalam menciptakan brand awareness. Paradigma penelitian ini adalah paradigma post-positivistik dengan pendekatan kualitatif bersifat deskriptif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan studi dokumentasi online. Data dianalisis menggunakan teknik analisis data Miles dan Huberman dan menggunakan teknik uji keabsahan data triangulasi sumber, metode, dan teori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dough Darlings menerapkan menerapkan strategi pull dan push dengan pemanfaatan The 3M Smith & Zook. Strategi marketing communications yang dilakukan Dough Darlings dilakukan untuk menciptakan brand awareness pada calon konsumen di target pasar Dough Darlings sehingga produk Dough Darlings dapat dinikmati oleh masyarakat dalam maupun luar Indonesia. Dough Darlings menggunakan sales promotion, publicity, direct marketing, personal selling pada jalur online dan offline sebagai marketing communications mix tools dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Mengacu pada SOSTAC planning system, Dough Darlings dalam melakukan evaluasi masih bersandar pada respon konsumen dalam jumlah penjualan dan jumlah like serta comment pada Instagram saja yang belum dapat diukur secara pasti dan dijadikan acuan perencanaan berikutnya.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.24 Content of Communication 300 Social Sciences > 380 Commerce, communications and transportation > 381 Commerce (Trade, Incl. Branding, Marketing and Warehousing) 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 659 Advertising, Marketing and Public Relations |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 08 Jun 2017 03:29 |
Last Modified: | 08 Jun 2022 03:31 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/200 |
Actions (login required)
View Item |