Rancang Bangun Dungeon Game Menggunakan Algoritma A-Star untuk Pergerakan Non-Player Character Enemy

Riady Chandra, Owen (2022) Rancang Bangun Dungeon Game Menggunakan Algoritma A-Star untuk Pergerakan Non-Player Character Enemy. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (932kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (522kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (985kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (484kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Perkembangan dari teknologi komputer banyak memengaruhi perkembangan video game. Perkembangan ini menciptakan berbagai macam genre dari game yang dapat dimainkan, salah satu genre tersebut adalah dungeon game. Dalam dungeon game, pemain diharuskan untuk mengeksplorasi ruangan-ruangan yang tersusun seperti labirin beserta banyak penghalang di dalamnya dan juga harus menghadapi musuh. Pemain dapat dengan bebas bergerak untuk menghindari tembok dan penghalang, namun tidak dengan NPC enemy. Diperlukan sebuah kecerdasan buatan agar NPC enemy dapat mencari jalan dengan sendirinya. Dalam penilitian ini, diimplementasikan algoritma A* dengan optimisasi heap sort pada NPC enemy sebagai alat bantu untuk mencari jalan mencapai tujuan. Algoritma A* dipilih dalam penilitian ini karena algoritma ini telah dioptimisasi untuk menemukan jalan menuju satu tujuan saja, dimana dalam penilitian ini tujuan itu adalah posisi dari pemain. Dilakukan optimisasi dengan heap sort mempersingkat waktu yang dibutuhkan algoritma untuk mencari jalan terpendek. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun dungeon game menggunakan algoritma A* dengan optimisasi heap sort yang diimplementasikan dalam NPC enemy dan mengetahui tingkat kepuasan pemain terhadap game. Game dibuat dengan menggunakan engine Unity dan evaluasi kepuasan tingkat kepuasan menggunakan GUESS-18. Didapatkan nilai 81.4% dari perhitungan GUESS-18 terhadap tingkat kepuasan pemain.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Algoritma A*, Dungeon game, Heap sort, Non-player character, Pathfinding vi Rancang Bangun Dungeon Game..., Owen Riady Chandra, Universitas Multimedia Nusantara
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming > 005.5 Application / Software
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Informatics
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 22 Nov 2022 03:34
Last Modified: 09 Aug 2023 05:36
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/20014

Actions (login required)

View Item View Item