Christie, Jennifer (2022) Strategi Social Media Marketing dalam Pembentukan Awareness Platform Social Commerce Avana Indonesia. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Kemunculan media sosial telah mengubah transaksi dagang di internet (e- commerce) menjadi transaksi dagang di media sosial (social commerce). Dalam beberapa tahun terakhir, social commerce telah menjadi fenomena bisnis yang berkembang pesat. Namun di Indonesia sendiri, istilah social commerce masih asing didengar oleh masyarakat. Banyak perusahaan yang menjadikan media sosial sebagai sarana untuk menciptakan dan meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap merek atau produk. AVANA Indonesia sebagai platform social commerce menggunakan Instagram dalam pembentukkan kesadarannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi social media marketing yang digunakan AVANA Indonesia dalam membentuk brand awareness sebagai platform social commerce. Penelitian ini menggunakan konsep social media strategy wheel dari Breakenridge dan social media marketing dari Clow dan Baack. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan penelitian kualitatif dan sifat penelitian deskriptif serta paradigma post-positivisme. Hasil penelitian menunjukkan bahwa AVANA Indonesia berhasil membentuk kesadaran terhadap platform social commerce di Instagram dengan menjalankan strategi pemasaran Instagram, melalui proses penelitian audit dan penemuan, merancang strategi konten dan komunikasi.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | strategi media sosial, perdagangan sosial, kesadaran merek, social commerce vii Strategi Social Media..., Jennifer Christie, Universitas Multimedia Nusantara |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 659 Advertising, Marketing and Public Relations |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 23 Nov 2022 03:06 |
Last Modified: | 17 Apr 2023 01:43 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/20046 |
Actions (login required)
View Item |