Pengaruh Sales Promotion dan Hedonic Shopping Motivations terhadap Impulse Buying Generasi Z Perempuan Pengguna Aplikasi Shopee

Aftiera Kournikova, Nabila (2022) Pengaruh Sales Promotion dan Hedonic Shopping Motivations terhadap Impulse Buying Generasi Z Perempuan Pengguna Aplikasi Shopee. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (841kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (379kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (367kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (782kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (135kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan dan pertumbuhan e-commerce terutama pada saat pandemi ini membuat konsumen mencoba untuk memasuki platform belanja digital yang membuat naiknya angka penjualan berbasis online salah satunya Shopee Indonesia. Shopee menempati peringkat paling atas aplikasi yang digunakan oleh generasi Z khususnya pengguna perempuan. Dimana perempuan mudah dipengaruhi bujukan dan tidak pandai mengontrol dirinya ketika berbelanja apalagi saat ada promosi. Kemudahan dan kenyamanan saat menggunakan aplikasi menjadi nilai tambah sendiri bagi konsumen diluar promosi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Sales promotion dan Hedonic shopping motivations terhadap Impulse buying generasi Z perempuan pengguna aplikasi Shopee. Penelitian ini menggunakan teori perilaku konsumen serta konsep sales promotion, Hedonic shopping motivations dan Impulse buying. Penelitian berjenis eksplanatif dengan metode kuantitatif ini memiliki sampel sebanyak 200 responden. Analisis data dengan instrumen uji validitas, reliabilitas, normalitas, regresi sederhana dan regresi linear berganda. Hasil analisis pertama Sales promotion (X1) secara parsial berpengaruh sebesar 23,4% terhadap Impulse buying (Y). Kedua Hedonic shopping motivations (X2) secara parsial berpengaruh sebesar 68,3% terhadap Impulse buying (Y). Ketiga Sales promotion (X1) dan Hedonic shopping motivations (X2) secara simultan berpengaruh terhadap Impulse buying (Y) sebesar 68,3% lebih besar daripada pengaruh secara parsial. Namun demikian baik secara parsial maupun bersama-sama, tingkat hubungan Sales promotion (X1) dan Hedonic shopping motivation (X2) terhadap Impulse buying (Y), sama-sama lemah. Artinya, ada pengaruh lain yang lebih kuat sebesar 31,7% terhadap Impulse buying yang tidak dianalisis dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Hedonic shopping motivations, Impulse buying, Perilaku Konsumen, Sales Promotion
Subjects: 300 Social Sciences
300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 23 Nov 2022 08:24
Last Modified: 14 Apr 2023 00:48
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/20078

Actions (login required)

View Item View Item