Rancang Bangun Sistem Rekomendasi Penjualan Produk UMKM dengan Metode Content-based Filtering Berbasis Mobile

Adivia, Muhammad Farrel (2022) Rancang Bangun Sistem Rekomendasi Penjualan Produk UMKM dengan Metode Content-based Filtering Berbasis Mobile. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (602kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (593kB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (185kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Sejak munculnya pandemi COVID-19 beberapa bidang bisnis, salah satunya UMKM mengalami kesulitan akibat dibatasinya kegiatan tatap muka. Toko 88 yang berlokasi di Saribumi Indah, Tangerang mengalami penurunan penjualan akibat virus tersebut. Cara agar terhindar dari kemunduran tersebut ialah melakukan digitalisasi yaitu menjual barang-barang toko secara daring lewat aplikasi e-commerce. Namun dengan menggunakan layanan e-commerce pada umumnya toko dikenakan biaya tambahan pajak penggunaan aplikasi. Solusi utama pada penelitian ini dibangun aplikasi penjualan UMKM berbasis mobile. Di dalam aplikasi terdapat fitur pembelian barang, namun muncul masalah baru. Umumnya pelanggan atau pembeli cenderung hanya membeli barang yang sama setiap kali berbelanja, sehingga produk-produk yang sejenis terlewatkan. Produk yang terlewatkan umumnya berupa produk yang sama dengan merk yang berbeda dan varian dengan kemasan hemat ataupun besar. Maka dari itu penelitian ini melibatkan algoritma Content-based filtering dengan metode Term Frequency-Inverse Document Frequency (TF-IDF) untuk memberikan pencarian produk berdasarkan perhitungan term dan Cosine Similarity untuk merekomendasikan produk berdasar tingkat kemiripan produk. Fitur dengan metode tersebut digunakan pada fitur kata pencarian (keyword) dan rekomendasi berdasarkan kemiripan produk (similarity). Aplikasi ini dirancang menggunakan framework Ionic dengan AngularJS dan menggunakan Google Firebase sebagai basisdata. Hasil penelitian menunjukkan performa yang baik dalam menampilkan produk yang relevan dengan kata pencarian yaitu dengan nilai precision sebesar 0.63 dan recall sebesar 1. Serta berdasarkan hasil uji kepuasan dengan menggunakan metode System Usability Scale (SUS) didapatkan nilai 83,54% aplikasi ini dapat diterima oleh para pengguna.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Aplikasi Penjualan, Content-Based Filtering, TF-IDF, Cosine Similarity, SUS
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming > 005.2 Programming for Specific Computers, Algorithm, HTML, PHP, java, C++
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Informatics
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 24 Nov 2022 03:17
Last Modified: 21 Aug 2023 01:58
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/20097

Actions (login required)

View Item View Item