Perancangan Board Game sebagai Alternatif Terapi bagi Pengidap Gangguan Psikologis BFRBs (Body-focused Repetitive Behaviors)

Simanungkalit, Tiara Jelita (2022) Perancangan Board Game sebagai Alternatif Terapi bagi Pengidap Gangguan Psikologis BFRBs (Body-focused Repetitive Behaviors). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (482kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (472kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (905kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (314kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Body-Focused Repetitive Behaviors (BFRBs) adalah gangguan psikologis berupa perilaku kompulsif yang berfokus pada tubuh. Beberapa gejala yang sering muncul di antaranya yaitu mencabut rambut, menggaruk atau menarik kulit, mengigit kuku, dan gejala lainnya yang muncul secara berulang, serta sulit dikendalikan. Misalnya, mengigit bibir dan pipi, mengorek/memakan keropeng, menggeretakan buku jari, menggeretakkan gigi, dan mencongkel hidung. Alasan pemilihan topik ini dikarenakan sekitar satu dari 20 orang mengalami hal ini, di mana pengidapnya tidak menyadari bahwa apa yang dilakukannya merupakan bagian dari gangguan psikologis BFRBs. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang media terapi interaktif dalam bentuk board game untuk pengidap BFRBs berusia 12- 24 tahun di Jabodetabek. Metode penelitian yang digunakan adalah metode gabungan berupa kuesioner dan wawancara kepada psikiater dan pengidapnya. Hasil yang didapatkan dari kuesioner yaitu sekitar 73 dari 100 responden mengalami gangguan ini. Jenis gangguan yang paling sering dialami, yaitu menggigit bibir, menggigit kuku, dan menarik rambut. Selain itu, psikiater menganggap board game dapat menjadi media terapi yang cukup efektif untuk mengatasi hal ini.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Gangguan psikologis BFRBs, permainan papan, media terapi interaktif vii Perancangan Board Game..., Tiara Jelita Simanungkalit, Universitas Multimedia Nusantara
Subjects: 700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration
700 Arts and Recreation > 790 Outline of Sports, Games and Entertainment
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 25 Nov 2022 07:25
Last Modified: 11 Oct 2023 01:10
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/20165

Actions (login required)

View Item View Item