Tiusta, Gabriel Erie (2022) Perancangan Media Informasi Pengenalan Seni Mural dan Menjadi Muralis Bagi Remaja di Jabodetabek. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Mural menjadi karya seni yang berhubungan langsung dengan masyarakat, dan cukup lama berkembang di Indonesia. Sebagai salah satu media alternatif seni visual jalanan, mural memiliki fungsi sebagai wadah aspirasi dan ekspresi masyarakat bernuansi kritik, informasi, atau hiburan. Di era sekarang ini edukasi dan informasi mengenai seni mural di Indonesia masih terbilang kurang bagi remaja, serta tidak adanya sarana seperti sekolah atau tempat kursus membuat para remaja melakukan hal negatif dan tidak bertanggung jawab seperti Vandalisme. Oleh karena itu, penerapan edukasi bagi remaja di Indonesia, khususnya di Jabodetabek menjadi penting untuk meningkatkan wawasan para remaja dan kualitas seni mural. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif berupa wawancara dan metode kuantitatif berupa penyebaran kuesioner serta studi lapangan. Dari hasil pengumpulan data tersebut, disimpulkan bahwa perancangan buku pengenalan seni mural dan menjadi muralis ditujukan untuk target masyarakat usia 17-21 tahun yang berdomisili di Jabodetabek.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Seni Mural, Sarana Edukasi, Visual, Buku vi Perancangan Media Informasi, Gabriel Erie Tiusta, Universitas Multimedia Nusantara |
Subjects: | 000 Computer Science, Information and General Works > 020 Library and Information Sciences > 028 Reading and use of other information media 700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration |
Divisions: | Faculty of Art & Design > Visual Communication Design |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 28 Nov 2022 06:31 |
Last Modified: | 15 Oct 2023 23:47 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/20205 |
Actions (login required)
View Item |