Perancangan Board Game Edukasi Bina Diri untuk Murid SD Tunagrahita SKH Aditiya Silih Asih

Nagavirya, Ruben (2022) Perancangan Board Game Edukasi Bina Diri untuk Murid SD Tunagrahita SKH Aditiya Silih Asih. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (422kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (902kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (263kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Tunagrahita adalah sebuah kondisi keterbelakangan mental, dimana seorang anak memiliki kemampuan intelektual (tingkat IQ) dibawah rata- rata. Hal ini mempengaruhi dua bidang, yaitu fungsi intelektual dan fungsi adaptif. Dalam edukasi, anak tunagrahita memerlukan pendidikan kebutuhan khusus, salah satunya melalui sekolah kebutuhan khusus. Salah satu sekolah yang memberikan edukasi ini adalah SKH Aditiya Silih Asih. Sekolah berfokus dalam edukasi bina diri, dan dalam menunjang edukasi tersebut, sekolah menggunakan media visual untuk membantu murid belajar. Namun, terdapat kendala dalam penggunaan media sekolah, yakni proses belajar yang kurang menarik, dan interaksi media antar guru dengan murid masih minim menyebabkan murid cenderung kehilangan fokus belajar. Masalah berikut memunculkan sebuah urgensi, dimana jika murid tidak berpartisipasi dan fokus secara penuh dalam proses belajar, maka pembelajaran bina diri kepada anak tidak akan tersampaikan dengan maksimal. Atas dasar urgensi tersebut, perancangan media edukasi dalam rupa board game atau permainan papan ditawarkan sebagai solusi dari masalah ini. Perancangan board game dilakukan dengan HCD (Human Centered Design), elemen desain Robin Landa, dan metode perancangan board game Joe Slack.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: board game, bina diri, edukasi kebutuhan khusus, sekolah kebutuhan khusus, tunagrahita. vii Perancangan Board Game Edukasi Bina Diri Untuk Murid SD Tunagrahita SKH Aditiya Silih Asih , Ruben Nagavirya, Universitas Multimedia Nusantara
Subjects: 700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration
700 Arts and Recreation > 790 Outline of Sports, Games and Entertainment
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 28 Nov 2022 07:53
Last Modified: 04 Oct 2023 01:21
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/20214

Actions (login required)

View Item View Item