Perancangan Board Game Penanganan COVID-19 di Jakarta

Lorenza, Viriyana (2022) Perancangan Board Game Penanganan COVID-19 di Jakarta. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (867kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (340kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (607kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (6MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (327kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

COVID-19 merupakan sebuah pandemi yang disebabkan oleh virus SARS- CoV-2 dan telah mempengaruhi banyak negara termasuk Indonesia. Penyakit yang disebabkan oleh virus ini menyerang sistem pernapasan dan dapat menyebabkan berbagai jenis gejala dan komplikasi. Penanggulangkan terhadap pandemi ini menggunakan protokol kesehatan, namun masih ada protokol kesehatan yang tidak diterapkan dengan baik oleh masyarakat terutama pada orang dengan usia produktif dan mobilitas tinggi yang tidak percaya atau tidak peduli dengan adanya COVID-19 dan justru meremehkan situasi. Penyebab dari perilaku ini diduga dikarenakan oleh adanya kekhawatiran lebih tinggi dari dampak pandemi pada responden dengan usia lebih tua dan tidak pernah melihatnya pasien terinfeksi COVID-19 di area sekitar mereka. Penelitian bertujuan untuk merancang board game media informasi memberikan gambaran situasi lapangan pada masa pandemi COVID-19. Metode penilitian terdiri dari metode gabungan kualitatf dan kuantitatif berupa wawancara dokter dan relawan, FGD bersama peserta sesuai batasan usia untuk mendapatkan data jenis board game, kuesioner untuk melihat perilaku responden sebelum dan sesudah menjadi penyintas COVID-19, dan studi referensi sebagai acuan perancangan board game. Hasil menunjukan bahwa usia produktif lebih sering tidak patuh dan penyintas atau yang telah pernah terinfeksi lebih taat karena sudah mengetahui dan lebih menyadari efek dari terinfeksi COVID-19. Tujuan pembuatan tugas akhir yaitu mencapai sebauh board game simulasi pandemi COVID-19 di Jakarta.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Permainan papan, COVID-19, media permainan sebagai simulasi vii Perancangan Board Game Penanganan COVID-19 Di Jakarta, Viriyana lorenza, Universitas Multimedia Nusantara
Subjects: 700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration
700 Arts and Recreation > 790 Outline of Sports, Games and Entertainment
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 29 Nov 2022 05:31
Last Modified: 03 Oct 2023 00:36
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/20238

Actions (login required)

View Item View Item