Aryawinata, Dea Novita (2022) Pengaruh Social Support, Attitude Towards Entrepreneurship, Subjective Norms dan Perceived Behavioural Control Terhadap Entrepreneurial Intention pada Mahasiswa Universitas Multimedia Nusantara. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Latar Belakang penelitian minat berwirausaha pada generasi muda di Indonesia tergolong sangat rendah. Banyaknya lulusan perguruan tinggi yang memiliki ketertarikan tinggi untuk bekerja sebagai karyawan atau pegawai negeri sipil. Hal ini dikarenakan banyak yang menganggap berkarier sebagai karyawan atau pegawai negeri sipil lebih menguntungkan dibandingkan menjadi wirausaha. Sehingga para lulusan dari perguruan tinggi kebanyakan tidak memiliki pekerjaan dikarenakan terbatasnya jumlah lapangan pekerjaan dan berpengaruh pada tingginya pengangguran di Indonesia. Selain itu, pada Global Entrepreneurial Index (GEI) Indonesia menempati peringkat ke-75. Pendidikan entrepreneurship merupakan salah satu solusi untuk meningkatkan peringkat indeks entrepreneurship untuk menumbuhkan minat berwirausaha sebagai pilihan karier. Metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode kuantitatif melalui kuesioner yang disebarkan secara online menggunakan google form dengan target sampel sebesar 100 sampel. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Adapun pengambilan sampel dilakukan dengan non-probability sampling dengan judgmental sampling dengan kriteria mahasiswa dari Universitas Multimedia Nusantara. Pengujian ini diolah menggunakan software SmartPLS versi 3.2.9. Hasil Penelitian menunjukkan social support memiliki pengaruh positif terhadap attitude towards entrepreneurship, subjective norms dan perceived behavioral control. Selain itu, attitude towards entrepreneurship dan perceived behavioral control memberikan pengaruh positif terhadap entrepreneurial intention. Simpulan dari penelitian ini social support berpengaruh pada TPB (attitude towards entrepreneurship, subjective norms dan perceived behavioral control) yang ada dan dapat mendorong perilaku kewirausahaan pada lulusan bisnis baru.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | attitude towards entrepreneurship, entrepreneurial intention, perceived behavioral control, social support, subjective norms. vii Pengaruh Social Support, Attitude Towards Entrepreneurship, Subjective Norms, Perceived Behavioral Control terhadap Entrepreneurial Intention Pada Mahasiswa Universitas Multimedia Nusantara, Dea Novita Aryawinata, Universitas Multimedia Nusantara |
Subjects: | 300 Social Sciences > 330 Economics > 338 Production (Agriculture, Business Enterprise, Extraction of Minerals, General Production) > 338.04 Entrepreneurship |
Divisions: | Faculty of Business > Management |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 01 Dec 2022 09:10 |
Last Modified: | 02 Jun 2023 05:54 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/20339 |
Actions (login required)
View Item |