Perancangan Board Game untuk Mengenalkan Alat Musik Gamelan Sunda kepada Remaja di Bandung

Pramudika, Hantyanta (2022) Perancangan Board Game untuk Mengenalkan Alat Musik Gamelan Sunda kepada Remaja di Bandung. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (388kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (320kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Gamelan merupakan salah satu budaya Sunda yang dikenal oleh banyak orang, akan tetapi keberadaan gamelan Sunda tetap bisa punah jika tidak dipelajari oleh generasi muda. Hal ini dibuktikan dengan adanya empat puluh seni tradisional Sunda yang sudah punah, salah satu contohnya yaitu topeng gong dari Sukabumi. Peraturan daerah kota Bandung sudah mewajibkan agar pendidikan formal dan non-formal memasukkan pelajaran budaya dan bahasa Sunda dalam kurikulum lokalnya. Berdasarkan hasil dari kuesioner yang dilakukan oleh penulis, masih banyak murid SMP dan SMA yang mengalami rintangan dalam mempelajari alat musik gamelan Sunda, bahkan masih ada yang tidak mengetahui alat musik gamelan Sunda. Hal ini membuktikan bahwa untuk mengenalkan alat musik gamelan Sunda kepada murid SMP dan SMA dibutuhkan pendekatan memakai media baru. Menurut hasil wawancara yang sudah dilakukan oleh penulis, media interaktif seperti board game merupakan salah satu media yang cocok sebagai edukasi. Siswa SMP dan SMA dapat mengenali gamelan Sunda sambil melakukan aktivitas bermain. Hal ini dapat memicu imajinasi dan curiosity siswa tersebut sehingga mereka mampu mengenali gamelan Sunda lebih mudah.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Remaja, Media Interaktif, Budaya, dan Informatif vii Perancangan Board Game..., Hantyanta Pramudika, Universitas Multimedia Nusantara
Subjects: 700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration
700 Arts and Recreation > 790 Outline of Sports, Games and Entertainment
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 07 Dec 2022 03:04
Last Modified: 06 Oct 2023 01:30
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/20416

Actions (login required)

View Item View Item