Perancangan Kampanye Sosial Neurodiversity tentang Menghargai Perbedaan Neurologis untuk Remaja Awal Usia 12-16 Tahun

Seciawanto, Graciella Adriani (2022) Perancangan Kampanye Sosial Neurodiversity tentang Menghargai Perbedaan Neurologis untuk Remaja Awal Usia 12-16 Tahun. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (466kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (472kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (11MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (466kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Dalam penerimaan akan anak neurodiverse, masyarakat masih belum mampu melakukannya dengan baik. Perundungan merupakan bukti bahwa masyarakat, khususnya remaja masih belum bisa menerima perbedaan otak terhadap teman mereka. Akibat dari perundunganpun dapat berakibat fatal pada remaja awal. Padahal masa remaja merupakan fase pembentukan identitas atau jati diri dan berefek ke masa depan. Oleh karena itu, penulis melakukan perancangan media informasi neurodiversity tentang menghargai perbedaan otak. Hal ini dilakukan untuk menaikkan kesadaran remaja bahwa perbedaan otak itu merupakan hal yang normal terjadi pada diri manusia. Dalam melakukan perancangan, penulis melakukan penelitian yaitu wawancara, observasi, kuesioner, dan studi referensi. Dari penelitian yang telah dilakukan didapatkan bahwa remaja menganggap anak dengan neurodiverse berbeda dan aneh. Selain itu, pada masa remaja juga merupakan masa pembentukan kelompok dengan minat yang sama. Seringkali kelompok remaja beranggapan anak dengan neurodiverse berbeda dan aneh. Oleh karena itu, perundungan masih sering terjadi terhadap anak dengan neurodiverse. Dalam penanganannya, teman-teman yang lain masih menjadi bystander. Sehingga korbanpun merasa trauma akan perundungan yang pernah dialaminya. Oleh karena itu, penulis melakukan perancangan media informasi neurodiversity tentang menghargai perbedaan otak untuk remaja untuk meningkatkan kesadaran remaja akan perbedaan otak.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: remaja, neurodiversity, inklusif vi Perancangan Kampanye Sosial..., Graciella Adriani Seciawanto, Universitas Multimedia Nusantara
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.14 Social Participation
700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 07 Dec 2022 06:22
Last Modified: 10 Oct 2023 00:29
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/20427

Actions (login required)

View Item View Item