Severesia Chandra, Claudia (2021) Investigasi Efek Pengalaman Pelanggan terhadap Niat Pembelian Kembali dengan Kesetiaan dan Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Mediasi di PT. Health Today Indonesia. Master Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Industri makanan dan minuman adalah salah satu industry yang paling berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia. Sektor ini sangat menjanjikan untuk investasi bisnis karena pertumbuhan jumlah penduduk Indonesia. Namun, persaingan dalam bisnis sudah tidak bisa dihindari; oleh karena itu perusahaan harus memikirkan strategi dan sesuatu yang berbeda untuk mempertahankan konsumen. Salah satu hal penting dalam mempertahankan loyalitas pelanggan adalah dengan mengatur pengalaman pelanggan dengan baik. Pengalaman pelanggan lebih banyak dibahas pada sector B2C, namun baru sedikit riset di area B2B. Niat membeli kembali juga merupakan hal penting bagi bisnis B2b karena proses transaksi B2B yang rasional dan dibutuhkan biaya yang lebih banyak untuk mendapatkan customer baru. Oleh karena itu, penelitian ini berfokus pada pengaruh pengalaman pelanggan terhadap niat membeli kembali di salah satu industri pembuatan minuman di Indonesia yang marketnya focus pada segmen B2B dan menganalisa apakah loyalitas dan kepuasan pelanggan memiliki pengaruh mediasi terhadap model. Penelitian kuantitatif dilakukan dengan metode convenience sampling dan mendapatkan total 85 responden yang merupakan customer PT. Health Today Indonesia. Data dianalisa menggunakan metode PLS- SEM (Partial Least Square Structural Equation Model). Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa niat membeli kembali dipengaruhi secara signifikan oleh pengalaman pelanggan, loyalitas, dan kepuasan pelanggan. Selain itu, loyalitas dan kepuasan pelanggan memberikan efek mediasi parsial terhadap model penelitian ini. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi bagi manager perusahaan B2B agar dapat menyusun strategi marketing mereka.
Item Type: | Thesis (Master Thesis) |
---|---|
Keywords: | customer experience in B2B, customer loyalty, customer satisfaction, repurchase intention x Investigating the Effect of Customer Experience On Repurchase Intention with Customer Loyalty, and Satisfaction as Mediating Variable in PT. Health Today Indonesia, Claudia Severesia, Universitas Multimedia Nusantara |
Divisions: | Faculty of Business > Master of Technology Management |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 15 Oct 2022 08:58 |
Last Modified: | 15 Oct 2022 08:58 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/20462 |
Actions (login required)
View Item |