Aktivitas Influencer Marketing di PT Ruang Raya Indonesia (Ruangguru)

Diandra Rony, Regita (2022) Aktivitas Influencer Marketing di PT Ruang Raya Indonesia (Ruangguru). Internship thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (716kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (395kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (835kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (326kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Industri pendidikan berbasis online di Indonesia kini terus mengalami peningkatan dan kemajuan setiap tahunnya, terutama di masa pandemi COVID-19 ini yang mengharuskan para pelajar untuk belajar melalui online atau di rumah sehingga banyak dari mereka yang merasa kurang mendapatkan atau memahami materi yang diberikan dari sekolah. PT Ruang Raya Indonesia membangun Ruangguru untuk membantu permasalahan tersebut dan membantu dalam peningkatan kualitas belajar para pelajar melalui teknologi di luar sekolah yang dapat menjangkau hingga pelosok-pelosok. Salah satu cara pendekatan Ruangguru dengan masyarakat dalam melakukan pemasaran dan memberikan informasi atas jasa dan layanan yang mereka miliki, Ruangguru menggunakan influencer marketing yang kini cukup efektif digunakan bagi perusahaan dikarenakan generasi jaman sekarang yang semakin melek digital dan sangat mudah terpengaruh oleh influencer idola mereka di media sosial. Intern tertarik untuk melakukan praktik kerja magang di PT Ruang Raya Indonesia (Ruangguru) sebagai Influencer Management Intern karena dapat dilihat dari warga Internet yang kini sangat mudah mempercayai influencer melalui konten-konten promosi nya di media sosial. Maka dari itu, intern ingin berkontribusi dalam aktivitas influencer marketing di Ruangguru untuk mengetahui efektifitas dalam memanfaatkan influencer. Tugas dari intern di posisi Influencer Management Intern yaitu seperti megumpulkan list akun dan menghitung engagement rate influencer, menghubungi dan bernegosiasi perihal rate card para influencer dan juga membuat materi content creative brief. Saran untuk Ruangguru yaitu lebih modern dan menggunakan tools gratis maupun berbayar dalam mencari influencer dan menghitung engagement rate dari akun influencer, serta tidak terlalu sering membuat campaign dengan timeline yang berdekatan yang mengakibatkan kurang efektifnya influencer marketing tersebut.

Item Type: Thesis (Internship)
Keywords: Ruangguru, Media Sosial, Influencer, Influencer Marketing, Intern v Aktivitas Influencer Marketing..., Regita Diandra Rony, UMN
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.8 Mall, Shopping Center, E-Commerce
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 23 Mar 2022 06:29
Last Modified: 17 Apr 2023 05:30
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/20497

Actions (login required)

View Item View Item