Novaria, Veronica (2022) Alur Kerja Visual Videografer di Harian Kompas. Internship thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Text
HALAMAN_AWAL.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (338kB) |
||
|
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (240kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (342kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_II.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (860kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_III.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) | Preview |
|
Text
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (128kB) |
||
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Akibat terjadinya digitalisasi pada media-media massa, terutama media konvensional, manusia jadi memiliki kesempatan yang sama dalam hal akses informasi. Media sosial, salah satu platform yang marak digunakan oleh masyarakat Indonesia saat ini memberikan kemudahan baik bagi produsen berita maupun konsumennya. Produsen berita (media massa) dapat lebih leluasa mempublikasikan hasil produksinya dalam berbagai format, seperti teks, audio, video, dan penggabungan ketiganya secara bersamaan dan tanpa batasan. Konsumen pun bisa menikmati produk tersebut dengan mudah, murah, dan praktis. Berdasarkan data Katadata Insight Center (KIC) pada 2020, penduduk Indonesia paling sering memanfaatkan media sosial sebagai sumber informasi. Selama lima tahun terakhir, survei Hootsuite: We Are Social menunjukkan bahwa YouTube konstan meraih title sebagai platform media sosial yang paling sering diakses di Indonesia. YouTube memiliki berbagai keunggulan yang semakin memudahkan manusia untuk memproduksi ataupun mengonsumsi suatu informasi. Terlebih, penyampaian informasi lewat video yang berbasis pada audio sekaligus visual mampu menarik minat banyak orang. Oleh sebab itu, tidak sedikit perusahaan media yang mengembangkan usahanya dengan aktif memproduksi video berita di YouTube. Menjelang akhir kuartal ketiga tahun 2021, penulis memperoleh kesempatan untuk mengikuti program kerja magang di Harian Kompas. Penulis menghabiskan 60 hari masa magang yang disetujui oleh kampus sebagai videografer di desk video.
Item Type: | Thesis (Internship) |
---|---|
Keywords: | praktik kerja magang, visual videographer, YouTube, Harian Kompas, Kompas.id |
Subjects: | 700 Arts and Recreation > 770 Photography, Computer Art, Film, Video > 770 Photography, Computer Art, Cinematography, Videography, Film, Movie |
Divisions: | Faculty of Communication > Digital Journalism |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 23 Mar 2022 06:39 |
Last Modified: | 19 Jun 2023 01:09 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/20756 |
Actions (login required)
View Item |