Gracella, Wennise (2022) Aktivitas Partnership Marketing di PT Lingkar Niaga Solusindo (SIRCLO). Internship thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Text
HALAMAN_AWAL.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (946kB) |
||
|
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (357kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (313kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_II.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (513kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_III.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) | Preview |
|
Text
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (296kB) |
||
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Perkembangan teknologi dan pandemi covid-19 membuat masyarakat sering berkegiatan secara daring, salah satunya adalah berbelanja online. Dari 62 juta UMKM di Indonesia, terdapat 9 juta UMKM yang go digital. Untuk mendukung kegiatan jualan online, PT Lingkar Niaga Solusindo (SIRCLO) dengan produknya yang dinamakan SIRCLO Store dapat memberikan solusi pembuatan website, pengintegrasian marketplace, dan jasa chat commerce untuk UMKM Indonesia. Solusi yang disediakan oleh SIRCLO Store tentu memerlukan tingkat awareness yang besar dari masyarakat untuk menjangkau lebih banyak UMKM di Indonesia. Maka dari itu, menjalin partnership antara SIRCLO dengan pihak eksternal berpotensi menciptakan awareness kepada target audience maupun masyarakat luas. Dalam kurun waktu 63 hari, penulis berkesempatan untuk melakukan kerja magang sebagai Partnership Marketing Intern di SIRCLO. Posisi kerja magang penulis ditempatkan ke dalam divisi Marketing yang terdiri dari beberapa sub divisi, yaitu Partnership, Social Media, Content Marketing, Campaign Marketing, dan Event. Tujuan penulis melakukan kerja magang adalah untuk mengetahui aktivitas Partnership Marketing di PT Lingkar Niaga Solusindo (SIRCLO). Penulis menerapkan aktivitas lobbying, negosiasi, community partnership, media partnership, dan monitoring pada partnership marketing. Penulis juga menerapkan langkah goal setting, audience mapping, content ideation & planning, dan content creation pada content marketing. Dalam menyelesaikan project, penulis berhasil menyelesaikan community partnership dengan komunitas bisnis Teman Startup dan Catika Group serta project media placement untuk radio JakFM, project video influencer IbuSibuk dari Orami, dan project video Instagram Reels Chat Commerce Whatsapp. Sebagai seorang Partnership Marketing Intern, disarankan memiliki skill riset partner dan komunikasi dalam lobbying serta negosiasi.
Item Type: | Thesis (Internship) |
---|---|
Keywords: | UMKM, SIRCLO, partnership, kerja magang viii Aktivitas Partnership Marketing..., Wennise Gracella, Universitas Multimedia Nusantara |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.8 Mall, Shopping Center, E-Commerce > 658.84 Marketing Distribution |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 21 Dec 2022 09:04 |
Last Modified: | 26 Apr 2023 05:06 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/21053 |
Actions (login required)
View Item |