Peran Data Engineer di Blankspace dalam Analisis Sentimen Ujaran Kebencian terhadap Kelompok Ahmadiyah, Syiah, dan Cina di Indonesia

Christilia, Grace Virna (2022) Peran Data Engineer di Blankspace dalam Analisis Sentimen Ujaran Kebencian terhadap Kelompok Ahmadiyah, Syiah, dan Cina di Indonesia. Internship thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (469kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (597kB)

Abstract

Seiring dengan peningkatan dan kemajuan teknologi, ujaran kebencian secara fisik dapat bertransformasi melalui ujaran kebencian secara online. Hal tersebut dapat dilakukan melalui berbagai platform social media seperti Instagram, Twitter, dan Facebook. Faktanya fenomena ujaran kebencian banyak ditemukan dan ditujukan pada suatu kelompok tertentu seperti ras, budaya, dan agama. Berdasarkan kondisi tersebut, blank-space.io bekerja sama dengan CSIS atau Centre for Strategic and International Studies Indonesia, membuat penelitian terkait sentimen analisis hate-speech di Indonesia yang berfokus untuk mengetahui seberapa banyak ujaran kebencian di Indonesia terhadap suatu kelompok tertentu seperti kelompok Cina, Syiah, dan Ahmadiyah. Pada penelitian ini terdapat dua pekerjaan utama yang dilakukan oleh mahasiswa selama kerja magang yaitu scraping data pada data Tweet dan cleaning data, kedua hal tersebut dilakukan menggunakan bahasa pemrograman Python. Proses kerja magang ini memakan waktu kurang lebih 2 bulan dengan periode dari 12 Mei hingga 11 Agustus 2021. Hasil yang diperoleh pada saat proses kerja magang berlangsung adalah meningkatnya kemampuan dalam menggunakan bahasa pemrograman python terutama terkait data manipulasi serta mengetahui gambaran pekerjaan dalam dunia kerja Data Engineer. Hasil dari penelitian analisis sentimen hate-speech di Indonesia akan ditampilkan dalam bentuk visualisasi dashboard pada website resmi CSIS Indonesia.

Item Type: Thesis (Internship)
Keywords: Hate Speech, Python, Sentiment Analysis, Scraping Twitter
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 620 Engineering > 620 Engineering and Applied Operations
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Information System
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 23 Mar 2022 03:52
Last Modified: 13 Jul 2023 06:39
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/21161

Actions (login required)

View Item View Item