Laporan Kerja Magang Proses Kerja Reporter Kanal Travel di Kompas.com

Rahma Kencana, Shalika (2022) Laporan Kerja Magang Proses Kerja Reporter Kanal Travel di Kompas.com. Internship thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (393kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan teknologi yang pesat telah mendorong media konvensional untuk berkembang menjadi media online. Hadirnya media online memudahkan masyarakat untuk mengakses berita kapan saja dan dimana saja. Proses kerja jurnalistik juga ikut mengalami perubahan dan pengembangan, yakni media online memprioritaskan kecepatan, aksesibilitas, dan interaksi dengan pembaca. Selain itu, media online juga membuat penyampaian berita lebih menarik dengan adanya tambahan foto dan video dalam satu laman yang sama. Laporan ini berisi paparan peran reporter magang di kanal travel Kompas.com. Penulis diberikan kesempatan untuk mengaplikasikan teori dan praktik pembelajaran yang telah dipelajari selama tujuh semester perkuliahan dalam kerja magang. Pelaksanaan kerja magang dapat menjadi pembekalan ilmu serta pengalaman untuk dunia kerja sebagai jurnalis nantinya. Kerja magang dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19, sehingga penulis diperlukan untuk beradaptasi dengan cara kerja yang semuanya dilakukan melalui internet. Hasil tulisan penulis diserahkan kepada editor, lalu dilengkapi dengan foto-foto yang didapatkan dari berbagai situs. Penulis menjalani kerja magang selama 78 hari. Selama kerja magang penulis mendapatkan berbagai pelajaran dan pengalaman mengenai cara kerja jurnalistik online dari para praktisi jurnalistik seperti editor, asisten editor, hingga reporter.

Item Type: Thesis (Internship)
Keywords: media online, Kompas.com, travel, reporter, magang
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 070 News Media, Journalism and Publishing > 070 News, mass media, journalism, and publishing
900 History and Geography > 910 Geography and Travel
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 19 Jun 2023 06:55
Last Modified: 19 Jun 2023 06:57
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/21184

Actions (login required)

View Item View Item