Pengaruh Perceived Entrepreneurial Desirability, Perceived Entrepreneurial Feasibility dan Entrepreneurial Self-Confidence terhadap Intention Entrepreunership di Kalangan Mahasiswa Universitas Multimedia Nusantara

Richard, Arswenrik (2022) Pengaruh Perceived Entrepreneurial Desirability, Perceived Entrepreneurial Feasibility dan Entrepreneurial Self-Confidence terhadap Intention Entrepreunership di Kalangan Mahasiswa Universitas Multimedia Nusantara. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Tingkat kewirausahaan di Indonesia masih kecil dengan rasio 3,47% dari jumlah penduduk yang ada di Indonesia dibandingkan dengan negara lain seperti Malaysia dengan 5%, Singapura 7%, atau Jepang 11%. Hal inilah yang memberikan salah satu dampak buruk bagi tingkat pengangguran yang ada di Indonesia, dengan mengalami peningkatan 26,26% pada bulan februari 2020 dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Untuk meningkatkan jumlah wirausahawan di Indonesia Pemerintah mengharapkan kerjasama antara pemerintah dan kampus, untuk dapat menghasilkan individu yang niat dan mau menjadi entrepreneurship. Mahasiswa dan mahasiswi merupakan target sasaran yang paling potensial untuk menumbuhkan kewirausahaan. Salah satu Universitas Multimedia Nusantara akan tetapi terbukti pada data mengalami penurunan menjadi entrepreneur sebesar 7% dari ganjil 2020 sehingga ganjil 2021. Akan tetapi kenyataan nya mahasiswa masih banyaklah dipengaruhi oleh faktor-faktor lain untuk keinginan (niat) menjadi wirausahawan antara lain perceived entrepreneurial desirability (keinginan wirausaha), perceived entrepreneurial feasibility (kemampuan wirausaha) dan entrepreneurial self-confidence (kepercayaan diri). Perceived entrepreneurial desirability atau keinginan wirausaha sangatlah penting yang dikarenakan dalam setiap individu yang akan memiliki keinginan dalam wirausaha akan memiliki pengaruh positif dalam melakukan niat dalam memulai bisnis. Perceived entrepreneurial feasibility atau kemampuan wirausaha sangat penting dikarenakan setiap individu yang memiliki kemampuan memadai untuk melakukan berwirausaha. Entrepreneurial self-confidence atau kepercayaan diri juga penting yang dimana memberikan kepercayaan diri untuk lebih siap dalam memulai bisnis. Pada penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan teknik sampling Judgemental Sampling dengan memiliki kriteria Mahasiswa aktif Universitas Multimedia Nusantara, mempelajari Mata kuliah Entrepreneur dan menjalankan strata -1 mengumpulkan 121 responden lolos screening yang kemudian diolahnya data menggunakan software SmartPLS versi 3.3.5. Temuan dari penelitian ini antara lain perceived entrepreneurial desirability berpengaruh positif dan signifikan terhadap intention entrepreneurship, perceived entrepreneurial feasibility berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap intention entrepreneurship, perceived entrepreneurial desirability berpengaruh positif dan signifikan terhadap entrepreneurial self-confidence, perceived entrepreneurial feasibility berpengaruh positif dan signifikan terhadap entrepreneurial self-confidence dan entrepreneurial self-confidence berpengaruh positif dan signifikan terhadap intention entrepreneurship

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Perceived Entrepreneurial Desirability, Perceived Entrepreneurial Feasibility, Entrepreneurial Self-Confidence, Intention Entrepreneurship, Kewirausahaan, Pengangguran, dan Mahasiswa.
Subjects: 300 Social Sciences > 330 Economics > 338 Production (Agriculture, Business Enterprise, Extraction of Minerals, General Production) > 338.04 Entrepreneurship
600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics)
Divisions: Faculty of Business > Management
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 28 Jun 2022 04:08
Last Modified: 28 Jun 2022 04:08
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/21307

Actions (login required)

View Item View Item