Pembangunan Game 3D Horror dengan Algoritma A dan Teknologi Virtual Reality

Hansun, Seng and Airell, Thomas and Kristanda, Marcel Bonar (2020) Pembangunan Game 3D Horror dengan Algoritma A dan Teknologi Virtual Reality. Jurnal Ilmiah Ilmu dan Teknologi Rekayasa. ISSN 2615-0387

[img]
Preview
Text
Pembangunan Game 3D Horror dengan Algoritma A dan Teknologi Virtual Reality.pdf

Download (393kB) | Preview

Abstract

Game dengan genre horror merupakan salah satu permainan yang banyak diminati saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun game horror 3D dengan menggunakan Artificial Intelligence dengan algoritma A* dan teknologi Virtual Reality. Virtual reality memungkinkan player untuk menikmati horror dengan perspektif orang pertama, sehingga membuat sensasi dan ketakutan lebih nyata. A* pathfinding digunakan untuk mencari jalur terpendek dari posisi awal ke posisi tujuan. Pshycosis adalah game tiga dimensi yang mengambil tema horror, dimana player harus menyelesaikan objective untuk mengakhiri permainan, tetapi dengan adanya AI yang menjadi musuh player. Penelitian dilaksanakan mengikuti metodologi pengembangan game yang dimulai dari Game Design Document hingga evaluasi terhadap 30 orang responden. Game diukur dalam berbagai aspek serta mendapatkan hasil yang cukup baik, yakni joy (71,79%), control (69,59%), focused immersion (77,20%), temporal dissociation (70,94%), curiosity (76,43%), perceived ease-ofuse (72,09%), perceived usefulness (68,72%), dan behavioral intention to use (68,59%).

Item Type: Article
Subjects: 700 Arts and Recreation > 790 Outline of Sports, Games and Entertainment
700 Arts and Recreation > 790 Outline of Sports, Games and Entertainment > 793 Indoor Games and Amusements
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 14 Jun 2023 00:19
Last Modified: 12 Jun 2024 04:18
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/21429

Actions (login required)

View Item View Item