Online Self Disclosure Gay pada Aplikasi Kencan Online (Studi pada Gay Pengguna Aplikasi Tinder di Tangerang)

Devina, Teresa (2022) Online Self Disclosure Gay pada Aplikasi Kencan Online (Studi pada Gay Pengguna Aplikasi Tinder di Tangerang). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (559kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (417kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (99kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (78kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (424kB)

Abstract

Hadirnya CMC dalam tren penggunaan aplikasi kencan online mulai menuai respon positif dari berbagai pihak, khususnya kelompok homoseksual. Penelitian ini secara khusus membahas penggunaan aplikasi kencan online bernama Tinder yang digunakan kelompok gay. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui proses self disclosure secara online yang dilakukan pada gay yang menggunakan aplikasi Tinder di Tangerang. Jenis penelitian ini menggunakan metode studi kasus sedangkan untuk teknik pengumpulan data dilakukan dengan dua cara yaitu dengan menggunakan wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teori penetrasi sosial dan dengan menggunakan konsep self disclosure, komunikasi antar pribadi, CMC, dan homoseksual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses online self disclosure oleh para partisipan gay yang dimulai tahap orientation yaitu mereka masih waspada dengan membuka diri dalam membicarakan topik privasi seperti tempat tinggal dan pekerjaan, sedangkan pada lapisan keterbukaan diri selanjutnya seperti pada tahap pertukaran afektif eksplorasi dan tahap pertukaran afektif, tingkat kehati-hatian mulai berkurang dan munculnya ekspetasi membangun hubungan jangka panjang. Motivasi partisipan gay menggunakan Tinder yaitu untuk mengembangkan relasi, friends with benefits dengan mencari kepuasan seksual, dan long term relationship. Namun, diantara semua faktor tersebut, tiga partisipan gay ini sama-samaterbuka untuk long term relationship. Topik yang dibicarakan mengenai pekerjaan, hobi, peran seksual, serta pandangan mengenai hubungan jangka panjang.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: CMC, Gay, Penetrasi Sosial, Self Disclosure, Tinder
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 20 Jul 2022 02:13
Last Modified: 17 Apr 2023 05:20
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/21525

Actions (login required)

View Item View Item