Pengaruh Pertumbuhan Penjualan, Ukuran Perusahaan, Leverage, dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris pada Sektor Manufaktir yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2020)

Regina, Agnes (2022) Pengaruh Pertumbuhan Penjualan, Ukuran Perusahaan, Leverage, dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris pada Sektor Manufaktir yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2020). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (642kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (339kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (408kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (229kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (99kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti empiris mengenai pertumbuhan penjualan, ukuran perusahaan, leverage, dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan. Faktor yang mempengaruhi nilai perusahaan penting untuk diteliti karena merupakan fokus utama dalam pengambilan keputusan oleh investor. Selain itu, nilai perusahaan yang baik juga memiliki peranan penting bagi perusahaan sebagai tambahan modal untuk keberlangsungan kegiatan operasionalnya Objek penelitian ini adalah perusahaan yang bergerak pada sektor manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2018-2020. Pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan kriteria yaitu perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia yang bergerak pada sektor manufaktur dan menyusun laporan keuangan yang telah diaudit untuk tahun yang berakhir 31 Desember dengan menggunakan satuan mata uang rupiah. Lalu perusahaan yang termasuk tidak melakukan stock split, reverse stock split, right issue, maupun melakukan buyback dan merupakan perusahaan yang sedang aktif diperdagangkan. Kriteria lain yaitu perusahaan memiliki laba positif secara berturut-turut dan memiliki pertumbuhan penjualan berturut-turut. Tahapan metode pengujian data sekunder yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif, uji normalitas, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini adalah (1) pertumbuhan penjualan (SG) tidak berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan (PBV), (2) ukuran perusahaam (FS) tidak berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan (PBV), (3) leverage (DER) tidak berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan (PBV), (4) profitabilitas (ROA) berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan (PBV). Pertumbuhan penjualan, ukuran perusahaan, leverage, dan profitabilitas secara simultan berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: leverage, nilai perusahaan, pertumbuhan penjualan, profitabilitas, ukuran perusahaan.
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 680 Manufacture for Specific Uses
Divisions: Faculty of Business > Accounting
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 20 Jul 2022 03:10
Last Modified: 23 May 2023 00:55
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/21571

Actions (login required)

View Item View Item