Perancangan Buku Mengenai Tari Bonet untuk Remaja di Soe Kabupaten Timor Tengah Selatan

Christela Dasat, Elisabeth (2022) Perancangan Buku Mengenai Tari Bonet untuk Remaja di Soe Kabupaten Timor Tengah Selatan. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (701kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (370kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (881kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (151kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (823kB)

Abstract

Tari bonet adalah tarian tradisional yang berasal dari Pulau Timor Provinsi Nusa Tenggara Timur yang memiliki ciri khas syair-syair dan pantun yang dilagukan. Fungsi tarian ini sebagai ucapan syukur kepada leluhur karena rahmat dan berkat yang diberikan kepada masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Koreografi tari ini mudah untuk diikuti, namun yang boleh melantunkan dalam upacara yang bersifat sakral adalah para kepala suku karena mereka yang memahami, menguasai konsep adat, sejarah, syair dan pantun dengan baik dan benar. Ada sebuah pandangan yang diyakini masyarakat suku Dawan bahwa mereka yang tidak tepat melantunkan akan terkena kutukan. Keyakinan ini membuat warga masyakat yang bukan kepala suku termasuk kalangan remaja enggan untuk melantukan syair dan pantun dalam tari bonet. Tetapi dalam acara serimonial seperti penyambutan tamu, upacara syukuran dapat dilakukan oleh setiap warga termasuk para remaja. Namun sikap generasi muda suku Dawan yang sudah tidak tertarik lagi pada kebudayaan sendiri. Mereka merasa rendah diri atau takut diberi label sebagai pemuda kampungan kalau menuturkan sastra lisan Dawan. Sikap ketidak tertarikan generasi muda suku Dawan terhadap tari bonet turut dipengaruhi oleh data yang ditemukan Penulis bahwa pemerintah daerah kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) belum menetapkan tari bonet sebagai warisan budaya tak benda ke dalam materi mata pelajaran seni budaya yang dipelajari peserta didik usia remaja pada jenjang pendidikan SMP dan SMA di kabupaten TTS. Realita tersebut menggambarkan pemerintah dan masyarakat TTS belum serius membiasan remaja mempelajari dan menguasai tari bonet salah satu budaya suku Dawan. Untuk mendalami permasalahan tari bonet, maka penulis melakukan pengumpulan data dengan isntrumen studi pustaka, wawancara, secondary research, observasi eksisting, dan observasi referensi. Melalui penelitian ini penulis akan merancang buku mengenai tari bonet yang diperuntukkan bagi remaja usia 12 ­ 18 tahun yang sedang belajar pada tingkat SMP dan SMA. Penggunaan buku tari bonet dikalangan remaja ini diharapkan dapat melestarikan tari bonet sebagai warisan budaya leluhur suku Dawan yang ada di Pulau Timor.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Tari Bonet, Remaja, Buku
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 002 The book (writing, libraries, and book-related topics)
700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 20 Jul 2022 03:13
Last Modified: 30 Aug 2023 01:17
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/21587

Actions (login required)

View Item View Item