Strategi Digital Marketing Industri Musik dalam Merilis Lagu di Era Pandemi

Dientje Melania Grama, Gracella (2022) Strategi Digital Marketing Industri Musik dalam Merilis Lagu di Era Pandemi. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (129kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (111kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Industri musik adalah salah satu sektor industri yang cukup merasakan dampak dari adanya pandemi COVID-19. Dalam industri musik, hal yang penting dilakukan setelah memproduksi karya lagu, adalah mempromosikan lagu. Dulu kegiatan promosi dapat dilakukan dengan berbagai cara, namun dengan adanya pandemi, kini berdampak bagi produksi lagu serta menuntut para pelaku musik untuk lebih kreatif mempromosikan karyanya. Salah satu industri musik yang harus beradaptasi dengan perubahan strategi komunikasi pemasaran ini adalah Digitarra yang terbentuk pada bulan Februari 2021. Hadir di era pandemi membuat Digitarra harus menyiapkan strategi yang kuat agar lagu yang dirilis mampu bersaing dan laku di pasar dengan menggunakan strategi digital marketing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi digital marketing yang digunakan Digitarra dalam menyusun komunikasi pemasaran lagu yang dijabarkan melalui konsep steps in developing effective communication. Penelitian menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam yang dilakukan dengan beberapa narasumber yang memahami proses pembentukan strategi dan juga dilakukan observasi serta studi dokumen sebagai data pelengkap penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran dilakukan dengan strategi yang efektif dan sesuai dengan tahapan yang ada di steps in developing effective communication dan The Five A's mampu membantu Digitarra mencapai tujuan promosi yang diinginkan.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Strategi digital marketing, industri musik, pandemi
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 20 Jul 2022 03:13
Last Modified: 17 Apr 2023 05:33
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/21592

Actions (login required)

View Item View Item