Pola Komunikasi Groupthink dalam Komunitas Suporter Sepak Bola (Studi Fenomenologi Komunitas Bonek Liar Ponorogo)

Afandy Cahyono, Dwi (2022) Pola Komunikasi Groupthink dalam Komunitas Suporter Sepak Bola (Studi Fenomenologi Komunitas Bonek Liar Ponorogo). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (393kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (624kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (363kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (203kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Sebagai sebuah komunitas yang berdiri berdasarkan kesamaan minat terhadap suatu hal, individu yang tergabung dalam komunitas Bonek memiliki minat yang sama terhadap suatu hal, yakni minat terhadap klub sepak bola Persebaya Surabaya. Dengan homogenitas anggota dalam suatu kelompok maka kedekatan sesama anggota akan terjalin dengan cepat dan erat. Kedekatan personal sesama anggota yang terjalin akan memunculkan kohesivitas kelompok. Kohesivitas merupakan keadaan dimana anggota kelompok merasa nyaman untuk tinggal dalam kelompok dan mencegahnya untuk meninggalkan kelompok dalam jangka waktu yang lama. Dengan mengatasnamakan menjaga keutuhan dan stabilitas kelompok, anggota komunitas seringkali mengabaikan pemikiran kritisnya dan cenderung memendam pendapat dan gagasannya. Kondisi tersebut kemudian dinamakan groupthink yang merupakan suatu kondisi dimana individu dalam kelompok yang senantiasa berupaya mempertahankan keseragaman dengan memendam opini pribadi yang berbeda dari anggota lainnya. Groupthink sulit dihindari apabila suatu kelompok mengalami kesalahan dalam mengambil keputusan karena terdapat tekanan yang bedampak pada menurunnya efisiensi mental, berkurangnya pengujian atas realitas yang terjadi, dan pertimbangan moralitas. Kelompok yang telah terkontaminasi oleh groupthink tidak akan mengindahkan berbagai opsi yang lain dan cenderung mengambil tindakan yang gegabah yang nantinya akan melahirkan keputusan yang salah. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui informasi mengenai gejala groupthink yang terjadi dalam komunitas suporter bola Bonek Liar Ponorogo. Pada penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara semi struktur untuk memperoleh informasi dari partisipan. Selain itu, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan paradigma kritis dan bersifat deskriptif. Hasil temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa partisipan dalam penelitian ini memperlihatkan perilaku groupthink dengan berbagai hal yang melatarbelakangi.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Groupthink, Kohesivitas, Bonek Liar Ponorgo
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 20 Jul 2022 03:16
Last Modified: 14 Apr 2023 00:44
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/21610

Actions (login required)

View Item View Item