Pengukuran Tingkat Kemampuan Tata Kelola Teknolgi Informasi pada PT ABC Menggunakan Framework COBIT 2019

Connellius, Connellius (2022) Pengukuran Tingkat Kemampuan Tata Kelola Teknolgi Informasi pada PT ABC Menggunakan Framework COBIT 2019. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (803kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (746kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (881kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (738kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Oleh: Connellius PT ABC merupakan perusahaan yang bergerak dibidang teknologi dan aviasi. Pengukuran ini dilakukan karena terdapat beberapa permasalah yang terjadi pada tata kelola teknologi informasi di perusahaan. Hal tersebut dapat ditunjukkan dengan tidak teraturnya peran dan pembagian tugas diperusahaan, belum adanya kesadaran dalam pentingnya keamanan data yang dimiliki oleh perusahaan, belum adanya peraturan dan SOP yang terstruktur disaat menjalankan suatu proyek, dan kurangnya penerapan IT risk management di perusahaan ini. Untuk menangani permasalah tersebut maka akan dilakukannya pengukuran nilai dari kapabilitas dan kematangan tata kelola teknologi informasi menggunakan metode framework COBIT 2019 dan dibantu dengan menggunakan pendekatan Kualitatif serta menggunakan metode wawancara, dan studi literatur sebagai metode pengumpulan data. Dari hasil pengumpulan data tersebut akan dijadikan penentuan dalam pemilihan proses yang cocok untuk mengatasi permasalahan yang terjadi diperusahaan. Domain yang digunakan pada penelitian ini adalah EDM03 ­ Ensured Risk Optimization, APO12 ­ Managed Risk, dan DSS05 ­ Managed Security Service. Hasil dari penilaian terhadap tata kelola TI di perusahaan PT. ABC menghasilkan bahwa domain EDM03, APO12 berhenti pada level 2 dengan mencapai kategori Fully Achieved untuk domain EDM03, dan Largely Achieved untuk domain APO12, serta domain DSS05 berhasil mencapai level yang ditargetkan oleh perusahaan yaitu level 3 dengan kategori Largely Achieved. Hasil dari penelitian digunakan untuk mengetahui level dari tata kelola teknologi informasi yang dimiliki perusahaan, dan digunakan untuk memperbaiki permasalahan yang terjadi diperusahaan dengan menggunakan rekomendasi yang sudah diberikan kepada PT. ABC sebagai acuan untuk memperbaiki tata kelola teknologi informasi yang dimiliki perusahaan.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Audit Sistem Informasi, COBIT, COBIT 2019, Tata kelola Teknologi Informasi ,dan Teknologi Informasi.
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 004 Computer Science, Data Processing, Hardware > 004.2 Systems Analysis and Design, Information Architecture, Performance Evaluation
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Information System
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 20 Jul 2022 03:24
Last Modified: 14 Jul 2023 01:44
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/21659

Actions (login required)

View Item View Item