Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Penerima Bantuan Kuota Internet pada Mahasiswa Menggunakan Metode AHP

Alfredo Adiyasa, Alfredo Adiyasa (2022) Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Penerima Bantuan Kuota Internet pada Mahasiswa Menggunakan Metode AHP. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (596kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (202kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Pandemi yang berlangsung saat ini menyebabkan ketidakseimbangan ekonomi yang membutuhkan pengeluaran ekstra khususnya kuota internet agar proses belajar mengajar dapat berjalan lancar. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Ke- mendikbud) mengeluarkan kebijakan bantuan kuota internet untuk siswa, pendidik dan guru, mahasiswa, dan dosen. Suatu sistem pendukung keputusan dapat men- jadi solusi dari salah satu masalah yang timbul, yaitu kuota yang berlebihan dan kuota yang terbuang sia-sia. Dari permasalahan tersebut, maka pada penelitian ini dirancang sistem pendukung keputusan penentuan penerima bantuan kuota internet pada mahasiswa menggunakan metode Analytic Hierarchy Process (AHP). Peneli- tian ini terbukti dapat menerapkan metode AHP untuk melakukan perankingan al- ternatif mahasiswa berdasarkan kriteria yang telah ditentukan. Berdasarkan uji coba metode dengan perhitungan manual, dapat disimpulkan bahwa metode AHP dapat berjalan dengan benar pada sistem pendukung keputusan penentuan penerima ban- tuan kuota internet. Hasil kuesioner uji kepuasan pengguna menggunakan metode USE Questionnaire dapat diterima dengan baik yang dibuktikan sebesar 77,25% pengguna setuju dengan sistem yang dibangun.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Analytic Hierarchy Process (AHP), kuota internet, mahasiswa, sistem pendukung keputusan
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming > 005.2 Programming for Specific Computers, Algorithm, HTML, PHP, java, C++
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Informatics
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 20 Jul 2022 03:24
Last Modified: 21 Aug 2023 04:53
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/21665

Actions (login required)

View Item View Item