Albert Tanuwijaya, Albert Tanuwijaya (2022) Siniar E-Sports Vaganza: Perputaran Uang dalam E-Sports. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
|
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (391kB) | Preview |
|
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (276kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_I.pdf Download (407kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_II.pdf Download (454kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_III.pdf Download (514kB) | Preview |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (913kB) |
||
|
PDF
BAB_V.pdf Download (272kB) | Preview |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Olahraga elektronik atau e-Sports merupakan area kegiatan olahraga kala seseorang melatih dan mengembangkan baik kemampuan fisik maupun mental dalam menggunakan teknologi informasi dan komunikasi. Turnamen-turnamen e-Sports dengan total hadiah yang mencapai miliaran, membuat antusiasme peminat e- Sports semakin tinggi dan tentunya membuat perusahaan gim terkait semakin untung. Hal tersebut menimbulkan adanya perputaran uang yang terjadi dalam tiap turnamen yang diselenggarakan. Selain itu, penyelenggaraan turnamen juga melibatkan developer atau pengembang gim dari turnamen terkait. Pengembang gim lokal pun semakin bertumbuh lantaran roda industri gim terus berputar dan memproduksi gim-gim yang dapat menarik perhatian audiens. Selain para pemain yang berlatih dan mengikuti turnamen, tim-tim e-Sports pun umum dengan adanya Brand Ambassador untuk mempromosikan tim e-Sports terkait. Layaknya perputaran uang dalam turnamen e-Sports, para pengembang gim dan Brand Ambassador pun memiliki penghasilan yang diperoleh dari perputaran uang yang terjadi. Hal-hal tersebut membuat penulis ingin mencari tahu lebih dalam tentang perputaran uang yang terjadi dalam dunia e-Sports, khususnya di Indonesia. Oleh sebab itu, penulis memproduksi sebuah siniar bertajuk E-Sports Vaganza: Perputaran Uang dalam E-Sports. Penulis bekerja sama dengan Muhammad Zukhruf Tamzidillah dalam pembuatan siniar ini. Layaknya membuat karya, E- Sports Vaganza yaitu mengikuti proses praproduksi, produksi, dan pascaproduksi. Setelah siniar dibuat, penulis menemukan bahwa perputaran uang dalam e-Sports sangat beragam. Hal tersebut didapat dari informasi yang disampaikan oleh setiap narasumber.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | e-Sports, Gim e-Sports, Perputaran Uang, Siniar Klaster: Programming Based |
Subjects: | 300 Social Sciences > 380 Commerce, communications and transportation 700 Arts and Recreation > 790 Outline of Sports, Games and Entertainment |
Divisions: | Faculty of Communication > Digital Journalism |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 20 Jul 2022 03:25 |
Last Modified: | 29 May 2023 06:46 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/21668 |
Actions (login required)
View Item |