Winny, Winny (2022) Strategi Komunikasi Interpersonal Orangtua dalam Meningkatkan Motivasi Anak di Masa Pembelajaran Daring (Studi kasus pada wali murid anak kelas 1 SD). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
|
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (484kB) | Preview |
|
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (160kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_I.pdf Download (168kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_II.pdf Download (251kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_III.pdf Download (235kB) | Preview |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (345kB) |
||
|
PDF
BAB_V.pdf Download (95kB) | Preview |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (963kB) |
Abstract
Pandemi Covid-19 membuat aktivitas belajar mengajar harus dilakukan secara daring dari rumah sehingga orang tua harus terlibat dalam kegiatan belajar anak khususnya orang tua murid Sekolah Dasar. Orang tua memerlukan pendekatan komunikasi interpersonal dengan anak agar dapat menciptakan komunikasi efektif sehingga mampu meningkatkan motivasi belajar anak di masa pembelajaran daring yang cenderung monoton dan jenuh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gangguan komunikasi pada orangtua dan anak serta strategi komunikasi orang tua murid kelas 1 SD Kristen Makarios dalam meningkatkan motivasi anak di masa pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan Teori Komunikasi Interpersonal yakni efektivitas komunikasi interpersonal oleh Joseph Devito (2016), dan konsep strategi kendali komunikasi oleh Miller dan Steinberg (2019). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus melalui wawancara mendalam kepada empat partisipan orang tua murid kelas 1 SD Kristen Makarios serta dua informan pendukung yakni guru wali kelas 1 SD Kristen Makarios dan juga psikolog klinis anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gangguan komunikasi yang dialami orang tua dan anak di masa pembelajaran daring meliputi gangguan fisik, gangguan psikologis dan gangguan sematik. Selain itu, setiap orang tua memiliki strategi Komunikasi Interpersonal nya masing-masing dalam meningkatkan motivasi anak di masa pembelajaran daring yang meliputi pemberian imbalan, keterlibatan dalam setiap aktivitas anak, dan pemberian pengertian dalam bentuk argumen.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Komunikasi Interpersonal, Motivasi Belajar, Pembelajaran Daring, Strategi Komunikasi |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 20 Jul 2022 03:29 |
Last Modified: | 13 Nov 2024 03:01 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/21696 |
Actions (login required)
View Item |