Strategi Komunikasi Interpersonal Orangtua dalam Meningkatkan Motivasi Anak di Masa Pembelajaran Daring (Studi kasus pada wali murid anak kelas 1 SD)

Winny, Winny (2022) Strategi Komunikasi Interpersonal Orangtua dalam Meningkatkan Motivasi Anak di Masa Pembelajaran Daring (Studi kasus pada wali murid anak kelas 1 SD). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (484kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (235kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (95kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (963kB)

Abstract

Pandemi Covid-19 membuat aktivitas belajar mengajar harus dilakukan secara daring dari rumah sehingga orang tua harus terlibat dalam kegiatan belajar anak khususnya orang tua murid Sekolah Dasar. Orang tua memerlukan pendekatan komunikasi interpersonal dengan anak agar dapat menciptakan komunikasi efektif sehingga mampu meningkatkan motivasi belajar anak di masa pembelajaran daring yang cenderung monoton dan jenuh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gangguan komunikasi pada orangtua dan anak serta strategi komunikasi orang tua murid kelas 1 SD Kristen Makarios dalam meningkatkan motivasi anak di masa pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan Teori Komunikasi Interpersonal yakni efektivitas komunikasi interpersonal oleh Joseph Devito (2016), dan konsep strategi kendali komunikasi oleh Miller dan Steinberg (2019). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus melalui wawancara mendalam kepada empat partisipan orang tua murid kelas 1 SD Kristen Makarios serta dua informan pendukung yakni guru wali kelas 1 SD Kristen Makarios dan juga psikolog klinis anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gangguan komunikasi yang dialami orang tua dan anak di masa pembelajaran daring meliputi gangguan fisik, gangguan psikologis dan gangguan sematik. Selain itu, setiap orang tua memiliki strategi Komunikasi Interpersonal nya masing-masing dalam meningkatkan motivasi anak di masa pembelajaran daring yang meliputi pemberian imbalan, keterlibatan dalam setiap aktivitas anak, dan pemberian pengertian dalam bentuk argumen.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Komunikasi Interpersonal, Motivasi Belajar, Pembelajaran Daring, Strategi Komunikasi
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 20 Jul 2022 03:29
Last Modified: 13 May 2023 07:48
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/21699

Actions (login required)

View Item View Item