Budaya Partisipatif Melawan Kekerasan Seksual melalui Akun Instagram @Dearcatcallers.id

Gananda, Kezia (2022) Budaya Partisipatif Melawan Kekerasan Seksual melalui Akun Instagram @Dearcatcallers.id. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (355kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (128kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (117kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (23MB)

Abstract

Fakta di lapangan menunjukkan bahwa masih banyak korban pelecehan seksual yang enggan dan takut untuk melawan ataupun melapor kepada pihak yang berwenang karena kuatnya budaya patriarki yang masih melekat ditengah masyarakat Indonesia. Namun seiring berjalannya waktu, mulai bermunculan gerakan atau komunitas feminis yang dengan khusus memperjuangkan hak ­ hak perempuan di Indonesia. Salah satunya adalah akun Instagram @Dearcatcallers.id yang menjadi ruang terbuka bagi para korban catcalling maupun bentuk kekerasan seksual lainnya untuk bersuara di media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi budaya partisipatif yang terbentuk oleh korban kekerasan seksual yang sekaligus merupakan followers dari akun Instagram @Dearcatcallers.id. Untuk mengetahui hal tersebut, penelitian ini menganalisa dengan konsep Budaya Partisipatif oleh Jenkins. Penelitian ini juga menggunakan pendekatan kualitatif yang berparadigma post positivistik, peneliti juga melakukan wawancara mendalam dengan lima (5) narasumber yang merupakan followers aktif dari akun @Dearcatcallers.id, dan tinjauan literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa followers dari akun media sosial @Dearcatcallers.id telah mengimplementasikan budaya partisipatif dari menjadi anggota secara informal, membagikan pengalaman dan berkomentar, berkontribusi dalam menyelesaikan masalah, dan melakukan proses sirkulasi. Selain itu, ditemukan juga mayoritas followers memiliki motif yang serupa dalam mengakses akun @Dearcatcallers.id yaitu untuk mendapatkan informasi dan memenuhi integrasi serta interaksi sosial di media sosial.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Budaya Partisipatif, Catcalling, Dearcatcallers.id, Kekerasan Seksual, Media Sosial.
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 20 Jul 2022 03:29
Last Modified: 26 Apr 2023 02:58
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/21701

Actions (login required)

View Item View Item