Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Unity Programming Menggunakan Metode Gamifikasi

Christian, Yonathan (2022) Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Unity Programming Menggunakan Metode Gamifikasi. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (411kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (796kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (88kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (553kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah, pengembangan suatu game merupakan salah satu industri besar. Di Indonesia sendiri, pasar game bernilai sebesar US$1,92 milliar. Tetapi, terlepas dari hal tersebut, keberlanjutan pembuatan game tidak dapat dijamin. Salah satu alasannya adalah alat seperti flash tidak mampu men- dukung game dengan pembuatan multi platform. Oleh karena itu, penelitian ini menggunakan metode pendekatan gamifikasi pada edukasi mengenai pembelajaran unity programming yang dapat menyelesaikan masalah tersebut. Serta menggu- nakan Technology Acceptance Model dan Likert Scale untuk mengukur data. Apli- kasi ini diuji dan dievaluasi melalui pembagian game dan formulir survei ke pub- lik. Hasil penelitian menunjukkan kesuksesan aplikasi dalam memotivasi sebe- sar 84.09% dan tingkat penerimaan aplikasi sebesar 78.54%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah sebesar 81,81% responden setuju bahwa pengimplementasian gamifikasi dalam aplikasi pembelajaran unity programming berhasil diterima dan berhasil memotivasi pelajar yang ingin mempelajari Unity C#.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: pengembangan game, Unity C#, gamifikasi, Technology Acceptance Model (TAM), likert scale
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming
000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming > 005.5 Application / Software
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Informatics
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 20 Jul 2022 03:33
Last Modified: 22 Aug 2023 07:50
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/21743

Actions (login required)

View Item View Item