Christian, Yonathan (2022) Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Unity Programming Menggunakan Metode Gamifikasi. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
|
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (411kB) | Preview |
|
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_I.pdf Download (202kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_II.pdf Download (159kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_III.pdf Download (796kB) | Preview |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
PDF
BAB_V.pdf Download (88kB) | Preview |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (553kB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah, pengembangan suatu game merupakan salah satu industri besar. Di Indonesia sendiri, pasar game bernilai sebesar US$1,92 milliar. Tetapi, terlepas dari hal tersebut, keberlanjutan pembuatan game tidak dapat dijamin. Salah satu alasannya adalah alat seperti flash tidak mampu men- dukung game dengan pembuatan multi platform. Oleh karena itu, penelitian ini menggunakan metode pendekatan gamifikasi pada edukasi mengenai pembelajaran unity programming yang dapat menyelesaikan masalah tersebut. Serta menggu- nakan Technology Acceptance Model dan Likert Scale untuk mengukur data. Apli- kasi ini diuji dan dievaluasi melalui pembagian game dan formulir survei ke pub- lik. Hasil penelitian menunjukkan kesuksesan aplikasi dalam memotivasi sebe- sar 84.09% dan tingkat penerimaan aplikasi sebesar 78.54%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah sebesar 81,81% responden setuju bahwa pengimplementasian gamifikasi dalam aplikasi pembelajaran unity programming berhasil diterima dan berhasil memotivasi pelajar yang ingin mempelajari Unity C#.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | pengembangan game, Unity C#, gamifikasi, Technology Acceptance Model (TAM), likert scale |
Subjects: | 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming > 005.5 Application / Software |
Divisions: | Faculty of Engineering & Informatics > Informatics |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 20 Jul 2022 03:33 |
Last Modified: | 22 Aug 2023 07:50 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/21743 |
Actions (login required)
View Item |