⭐ Christian, Yonathan (2022) Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Unity Programming Menggunakan Metode Gamifikasi. Bachelor Thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
|
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (411kB) | Preview |
|
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_I.pdf Download (202kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_II.pdf Download (159kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_III.pdf Download (796kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
PDF
BAB_V.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (553kB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah, pengembangan suatu game merupakan salah satu industri besar. Di Indonesia sendiri, pasar game bernilai sebesar US$1,92 milliar. Tetapi, terlepas dari hal tersebut, keberlanjutan pembuatan game tidak dapat dijamin. Salah satu alasannya adalah alat seperti flash tidak mampu men- dukung game dengan pembuatan multi platform. Oleh karena itu, penelitian ini menggunakan metode pendekatan gamifikasi pada edukasi mengenai pembelajaran unity programming yang dapat menyelesaikan masalah tersebut. Serta menggu- nakan Technology Acceptance Model dan Likert Scale untuk mengukur data. Apli- kasi ini diuji dan dievaluasi melalui pembagian game dan formulir survei ke pub- lik. Hasil penelitian menunjukkan kesuksesan aplikasi dalam memotivasi sebe- sar 84.09% dan tingkat penerimaan aplikasi sebesar 78.54%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah sebesar 81,81% responden setuju bahwa pengimplementasian gamifikasi dalam aplikasi pembelajaran unity programming berhasil diterima dan berhasil memotivasi pelajar yang ingin mempelajari Unity C#.
| Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
|---|---|
| Creators: | Christian, Yonathan (00000027410) |
| Contributors: | Winarno, Winarno |
| Keywords: | pengembangan game, Unity C#, gamifikasi, Technology Acceptance Model (TAM), likert scale |
| Subjects: | 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming > 005.5 Application / Software |
| Sustainable Development Goals: | Goal 04. Ensure inclusive and equitable quality education and promote lifelong learning Goal 08. Promote sustained, inclusive and sustainable economic growth, full and productive employment and work for all Goal 09. Build resilient infrastructure, promote inclusive and sustainable industrialization and foster innovation |
| Divisions: | Faculty of Engineering & Informatics > Informatics |
| Date Deposited: | 20 Jul 2022 03:33 |
| URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/21743 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
