Franciska, Merisa (2022) Analisis Pengaruh Self-Efficacy terhadap Emotional Exhaustion, Personal Accomplishment, dan Depersonalization selama Work from Home: Telaah pada Guru-Guru Sekolah Dasar (SD) Negeri di Kabupaten Tangerang. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
|
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (497kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_I.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_III.pdf Download (1MB) | Preview |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
PDF
BAB_V.pdf Download (350kB) | Preview |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
Abstract
Sektor pendidikan merupakan salah satu yang terkena dampak pada saat terjadinya pandemi Covid-19 dimana guru harus melaksanakan work from home dan siswa/i harus melakukan pembelajaran jarak jauh. Berdasarkan hasil in-depth interview yang dilakukan kepada 12 responden, mereka menyatakan bahwa terdapat kendala yang dialami oleh guru sekolah dasar (SD) negeri di Kabupaten Tangerang saat melaksanakan work from home dan pembelajaran jarak jauh yang berdampak pada emotional exhaustion, depersonalization yang meningkat, dan rendahnya personal accomplishment. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa pengaruh self- efficacy terhadap emotional exhaustion, personal accomplishment, depersonalization pada guru-guru sekolah dasar (SD) negeri di Kabupaten Tangerang. Metode yang digunakan adalah judgement sampling. Data yang telah diperoleh dalam melakukan penyebaran kuesioner manual kepada 135 guru dengan minimal bekerja satu tahun dan pernah atau sedang melaksanakan work from home. Hasil data yang diolah menggunakan metode Structural Equation Modelling (SEM) dengan software SmartPLS . Hasil dari penelitian ini menunjukkan self-efficacy memiliki pengaruh negatif terhadap emotional exhaustion dan depersonalization serta self-efficacy memiliki pengaruh positif terhadap personal accomplishment. Sehingga untuk dapat meningkatkan self-efficacy dan low personal accomplishment pada guru harus meminimalisir terjadinya emotional exhaustion dan depersonalization.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Self-efficacy, Guru, Emotional Exhaustion, Personal Accomplishment, Depersonalization, Work From Home |
Subjects: | 100 Philosophy and Psychology > 120 Epistemology > 126 The self (personal identity, personality, personal branding) |
Divisions: | Faculty of Business > Management |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 20 Jul 2022 03:34 |
Last Modified: | 22 Jun 2023 05:19 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/21755 |
Actions (login required)
View Item |