Widjaja, Bernadette Jeane (2022) Audio Reporting Creative Youth tentang "Penggunaan Media Sosial oleh Kreator Muda Indonesia". Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
|
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (722kB) | Preview |
|
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (265kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_I.pdf Download (185kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_II.pdf Download (452kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_III.pdf Download (269kB) | Preview |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (758kB) |
||
|
PDF
BAB_V.pdf Download (158kB) | Preview |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Kemunculan konten kreator di Indonesia mengalami peningkatan, terlebih lagi selama masa pandemi ini. SociaBuzz yang merupakan sebuah marketplace talent dan influencer mengatakan bahwa sebelum pandemi, terdaftar sebanyak 2.552 konten kreator di perusahaannya per bulan. Generasi Z dan milenial merupakan mayoritas konten kreator di SociaBuzz dan telah menjadi creator economy, yaitu konten kreator yang mampu menghasilkan uang baik dari konten yang diproduksi ataupun personal brand. Selain itu, generasi Z dan milenial juga merupakan mayoritas pengguna media sosial dengan kisaran usia 18-34 tahun. Maraknya penggunaan media sosial yang didominasi oleh generasi milenial dan Z ini telah mengembangkan berbagai macam produk yang dihasilkan akibat penggunaan media sosial tersebut, salah satunya ada kemunculan konten kreator. Maka dari itu, karya audio reporting ini membahas fenomena konten kreator yang menggunakan media sosial untuk penyebaran konten mereka. Karya ini menggunakan konsep siniar, dan juga konsep audio storytelling dalam pembawaan audio reporting-nya. Metode produksinya menggunakan konsep empat tahapan pembuatan berita radio oleh Siahaan. Tujuan akhir dari karya ini adalah menghasilkan sebuah karya jurnalistik berbentuk audio reporting berdurasi 60 menit, mencapai sebanyak 100 pendengar karya jurnalistik berbentuk audio reporting, serta didistribusikan melalui platform Spotify dan Anchor. Kegunaan pembuatan karya jurnalistik berbentuk audio reporting ini adalah agar karya ini dapat memberikan gambaran kepada masyarakat khususnya generasi milenial dan seterusnya mengenai kreativitas yang bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja. Bahwa kreativitas tidak hanya seputar menghasilkan karya secara fisik, tetapi dapat mengembangkan karya tersebut hingga mampu memperoleh penghasilan dari karya tersebut.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | audio reporting, konten kreator, media sosial Kluster karya: reporting-based project |
Subjects: | 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 006 Special Computer Methods > 006.5 Digital Audio 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 006 Special Computer Methods > 006.7 Multimedia Systems, Blogs, Social Media, Web Application Frameworks |
Divisions: | Faculty of Communication > Digital Journalism |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 20 Jul 2022 03:35 |
Last Modified: | 21 Jun 2023 02:26 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/21768 |
Actions (login required)
View Item |