Rancang Bangun Sistem Informasi Halal Fitur Penilaian Penerapan Jaminan Halal dengan Algoritma ID3

Keegan Shandry Harjono, Marco (2022) Rancang Bangun Sistem Informasi Halal Fitur Penilaian Penerapan Jaminan Halal dengan Algoritma ID3. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (416kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (687kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (394kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Pada tahun 2021 jumlah penduduk Indonesia diperkirakan sebanyak 272,23 juta jiwa, berdasarkan data tersebut dinyatakan bahwa 86,88 persen mayoritas penduduk Indonesia beragama Islam. Oleh karena itu dengan mayoritas warga negara Indone- sia beragama muslim, membuat perihal halal menjadi hal yang penting dan perlu diperhatikan oleh setiap produsen untuk dapat memenuhi hak dan kebutuhan dari setiap konsumen, terutama konsumen muslim di Indonesia. Sistem jaminan halal di Indonesia sudah cukup dikenal oleh masyarakat, karena memiliki fungsi yaitu un- tuk mendapatkan sertifikasi halal, serta menjaga kesinambungan dalam melakukan produksi halal, sehingga menghasilkan produk yang selalu terjamin kehalalannya. Hal ini membuat sistem jaminan halal menjadi hal yang perlu diperhatikan dan dikembangkan. Maka dari itu, dibuatlah sistem informasi bernama JaminHalal se- bagai sistem penilaian jaminan halal yang memiliki berbagai fungsi, salah satunya yaitu melakukan penilaian sistem jaminan halal. Dalam penerapannya menggu- nakan algoritma ID3 karena memiliki kelebihan yaitu mendapatkan hasil dengan akurasi yang tinggi, sehingga dapat membantu menghasilkan hasil yang akurat un- tuk menjamin kehalalan suatu produk. Dalam proses pembangunan JaminHalal ini diawali dengan melakukan perancangan dan kemudian dilakukan implimentasi. Untuk proses pengimplementasinya program berbasis website menggunakan ba- hasa PHP, dan untuk penyimpanan menggunakan MySQL. Setelah diselesaikannya sistem ini, maka dilanjutkan dengan melakukan uji coba sistem dengan melakukan perbandingan antara hasil akhir dari sistem dengan hasil dari perhitungan manual dan menghasilkan nilai akhir yang sama, menandakan bahwa sistem JaminHalal telah berhasil dibangun. Selain itu melakukan uji coba kepuasan kepada 30 respon- den dan mendapat nilai sebesar 87,34%, yang menandakan bahwa pengguna merasa sangat puas menggunakan sistem informasi JaminHalal.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Decission Tree, ID3, JaminHalal, Sistem Informasi, Sistem Jaminan Halal.
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming > 005.2 Programming for Specific Computers, Algorithm, HTML, PHP, java, C++
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Informatics
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 20 Jul 2022 03:36
Last Modified: 16 Aug 2023 01:44
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/21775

Actions (login required)

View Item View Item