Millicent Japaris, Vinna (2022) Menelaah Pengaruh Attitude, Subjective Norms, Perceived Behavioral Control, Willingness to Pay, dan Environmental Consciousness pada Niat Beli Konsumen terhadap Produk Isi Ulang Tanpa Kemasan Plastik Sekali Pakai dari Siklus Refill Indonesia. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
|
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (335kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_I.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_II.pdf Download (418kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_III.pdf Download (989kB) | Preview |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
PDF
BAB_V.pdf Download (295kB) | Preview |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Seiring berjalannya waktu, kehidupan manusia semakin berkembang menuju ke arah yang lebih modern. Kenyamanan, kepraktisan, dan efisiensi melekat pada proses manusia dalam memenuhi kebutuhannya saat ini. Berbagai solusi yang diciptakan untuk membantu proses pemenuhan kebutuhan inilah yang pada sisi lainnya ternyata juga membawa dampak buruk bagi bumi, salah satunya adalah hadirnya plastik sekali pakai. Penggunaan plastik yang bersifat sementara berujung pada pembuangannya, menciptakan tumpukan limbah plastik yang sulit terurai dan berkontribusi pada permasalahan lingkungan yang semakin memburuk. Berbagai kekhawatiran dan keprihatinan pun muncul dan memicu kesadaran untuk memperbaiki keadaan yang disertai dengan hadirnya berbagai inovasi baru untuk menyelamatkan lingkungan dari kehancuran. Siklus Refill Indonesia, hadir sebagai salah satu innovator dengan menciptakan layanan isi ulang untuk produk-produk kebutuhan rumah tangga berbasis platform online yang menawarkan kemudahan serta sejumlah keuntungan lainnya. Namun, pada kenyataannya, jumlah konsumen dari Siklus Refill Indonesia belum lah maksimal, bahkan tidak dapat menyesuaikan angka pengikut dari akun media sosial mereka. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meneliti faktor-faktor yang berpengaruh terhadap intensi dari pembelian konsumen dengan mengkaji beberapa faktor-faktor seperti attitude, subjective norms, perceived behavioral control, willingness to pay, dan environmental consciousness serta implikasinya pada intensi konsumen untuk membeli produk isi ulang tanpa kemasan plastik sekali pakai yang diukur dengan 29 pertanyaan indikator dengan skala Likert. Penelitian ini menggunakan Partial Least Squares Structural Equation Modelling (PLS-SEM) dan melibatkan 219 responden sebagai sampel penelitian yang dikumpulkan dengan teknik judgmental sampling. Penelitian ini berhasil menemukan adanya hubungan yang positif dari keseluruhan faktor, yang telah diperkirakan sebelumnya, terhadap intensi pembelian konsumen.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Produk isi ulang tanpa kemasan plastik, Attitude, Subjective Norms, Perceived Behavioral Control, Willingness to Pay, Environmental Consciousness, Purchase Intention |
Subjects: | 600 Technology (Applied Sciences) > 620 Engineering > 628 Environmental Protection Engineering 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.8 Mall, Shopping Center, E-Commerce > 658.8342 Consumer Behavior |
Divisions: | Faculty of Business > Management |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 20 Jul 2022 03:39 |
Last Modified: | 27 Jun 2023 06:38 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/21806 |
Actions (login required)
View Item |