Rancang Bangun Typing Game onKeys Berbasis Ritme Menggunakan Algoritma Hamming Distance

Lancaster, Lemuel (2022) Rancang Bangun Typing Game onKeys Berbasis Ritme Menggunakan Algoritma Hamming Distance. Bachelor Thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (168kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Mengetik merupakan bagian terpenting dalam menggunakan sebuah komputer. Se- lain itu, mempunyai keterampilan mengetik yang cepat dan akurat dapat mem- berikan efek yang positif diantaranya, meningkatkan kualitas tulisan yang di- hasilkan, mengurangi kerja otak, berpikir dengan cepat dan pastinya mengurangi waktu yang digunakan untuk menyelesaikan suatu tulisan. Namun, berdasarkan data yang didapat dari Ratatype, rata-rata kecepatan mengetik seseorang adalah 41 kata per menit dengan rata-rata akurasi sebesar 92 persen. Maka dari itu, dibu- tuhkan aplikasi yang dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan mengetik seseorang. Salah satu contoh aplikasi yang dapat digunakan adalah Typing Mas- ter dan berdasarkan penelitian yang telah dilakukan sebelumnya, didapatkan hasil yang positif bahwa aplikasi tersebut memang benar dapat meningkatkan keterampi- lan mengetik seseorang. Berdasarkan hasil tersebut, dibuatlah permainan yang da- pat melakukan hal yang sama, namun dengan aspek pendukung lainnya, pada kasus ini yaitu dengan adanya penggunaan musik. Pada penelitian ini, dilakukan per- ancangan pembuatan game mengetik berbasis ritme menggunakan algoritma Ham- ming Distance dengan harapan dapat meningkatkan kecepatan dan akurasi mengetik seseorang dengan bantuan game engine Unity. Berdasarkan hasil survei yang diper- oleh menggunakan metode GUESS-18, didapatkan tingkat kepuasan pemain sebe- sar 85.20833%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa segala aspek yang ada pada game mendapatkan tingkat kepuasan pemain dengan predikat sangat baik.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Creators: Lancaster, Lemuel (00000027690)
Contributors: Suryadibrata, Alethea
Keywords: GUESS-18, Hamming Distance, Rhythm Game, Typing
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 004 Computer Science, Data Processing, Hardware > 004.2 Systems Analysis and Design, Information Architecture, Performance Evaluation
000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming > 005.2 Programming for Specific Computers, Algorithm, HTML, PHP, java, C++
700 Arts and Recreation > 790 Outline of Sports, Games and Entertainment
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Informatics
Date Deposited: 20 Jul 2022 03:39
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/21814

Actions (login required)

View Item View Item