Rancang Bangun Typing Game onKeys Berbasis Ritme Menggunakan Algoritma Hamming Distance

Lancaster, Lemuel (2022) Rancang Bangun Typing Game onKeys Berbasis Ritme Menggunakan Algoritma Hamming Distance. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (168kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Mengetik merupakan bagian terpenting dalam menggunakan sebuah komputer. Se- lain itu, mempunyai keterampilan mengetik yang cepat dan akurat dapat mem- berikan efek yang positif diantaranya, meningkatkan kualitas tulisan yang di- hasilkan, mengurangi kerja otak, berpikir dengan cepat dan pastinya mengurangi waktu yang digunakan untuk menyelesaikan suatu tulisan. Namun, berdasarkan data yang didapat dari Ratatype, rata-rata kecepatan mengetik seseorang adalah 41 kata per menit dengan rata-rata akurasi sebesar 92 persen. Maka dari itu, dibu- tuhkan aplikasi yang dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan mengetik seseorang. Salah satu contoh aplikasi yang dapat digunakan adalah Typing Mas- ter dan berdasarkan penelitian yang telah dilakukan sebelumnya, didapatkan hasil yang positif bahwa aplikasi tersebut memang benar dapat meningkatkan keterampi- lan mengetik seseorang. Berdasarkan hasil tersebut, dibuatlah permainan yang da- pat melakukan hal yang sama, namun dengan aspek pendukung lainnya, pada kasus ini yaitu dengan adanya penggunaan musik. Pada penelitian ini, dilakukan per- ancangan pembuatan game mengetik berbasis ritme menggunakan algoritma Ham- ming Distance dengan harapan dapat meningkatkan kecepatan dan akurasi mengetik seseorang dengan bantuan game engine Unity. Berdasarkan hasil survei yang diper- oleh menggunakan metode GUESS-18, didapatkan tingkat kepuasan pemain sebe- sar 85.20833%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa segala aspek yang ada pada game mendapatkan tingkat kepuasan pemain dengan predikat sangat baik.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: GUESS-18, Hamming Distance, Rhythm Game, Typing
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 004 Computer Science, Data Processing, Hardware > 004.2 Systems Analysis and Design, Information Architecture, Performance Evaluation
000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming > 005.2 Programming for Specific Computers, Algorithm, HTML, PHP, java, C++
700 Arts and Recreation > 790 Outline of Sports, Games and Entertainment
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Informatics
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 20 Jul 2022 03:39
Last Modified: 23 Aug 2023 07:31
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/21814

Actions (login required)

View Item View Item