Makna Pekerjaan sebagai Penata Rias Terkait dengan Gender Pelaku (Studi Kasus pada Penata Rias Laki-laki)

Margaretta, Vivian (2022) Makna Pekerjaan sebagai Penata Rias Terkait dengan Gender Pelaku (Studi Kasus pada Penata Rias Laki-laki). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (120kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (70kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (392kB)

Abstract

Pada awalnya, pekerjaan penata rias identik dengan pekerjaan perempuan yang cenderung feminin. Namun seiring berjalannya waktu, pekerjaan sebagai penata rias ini pun mulai banyak digeluti oleh kaum laki-laki yang memiliki sifat cenderung maskulin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna profesi penata rias bagi pekerja penata rias laki-laki dan melihat apakah bidang pekerjaannya sebagai penata rias memiliki keterkaitan dengan orientasi seksualnya. Sifat penelitian penelitian kualitatif deskriptif dengan paradigma post-positivisme menggunakan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara kepada lima orang informan yang bekerja sebagai penata rias laki-laki. Melalui konsep makna perbedaan gender dalam masyarakat ditemukan bahwa makna pekerjaan penata rias bagi pekerja penata rias laki-laki dapat dilihat dari faktor pendorong yakni ekonomi. Selain itu, dapat dilihat juga dari reaksi orang-orang di sekitarnya, baik secara positif dan negatif. Walaupun adanya tanggapan atau stigma negatif yang mereka dapatkan, mereka tetap memaknai pekerjaan penata rias secara positif karena adanya tanggapan positif dari masyarakat. Teori Interaksi Simbolik menyebutkan bahwa bidang pekerjaan penata rias tidak memiliki keterkaitan dengan orientasi seksual selain memperkuat orientasi seksual yang dimiliki sebelumnya.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: gender, makna pekerjaan penata rias, orientasi seksual
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 20 Jul 2022 03:41
Last Modified: 28 Apr 2023 01:20
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/21836

Actions (login required)

View Item View Item