Strategi Personal Branding Pendamping Persalinan Selebriti di Media Sosial (Studi Kasus Akun Instagram @jamilatus.sadiyah)

Verenia, Verenia (2022) Strategi Personal Branding Pendamping Persalinan Selebriti di Media Sosial (Studi Kasus Akun Instagram @jamilatus.sadiyah). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (408kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (135kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (119kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (525kB)

Abstract

Personal branding biasanya identik dilakukan oleh kalangan artis dan politikus. Persaingan yang semakin ketat di dunia kerja membuat hampir semua orang membutuhkan personal branding, salah satunya profesi pendamping persalinan di mana profesi tersebut cukup asing di masyarakat Indonesia. Jasa pendamping persalinan kemudian mulai populer di kalangan artis tanah air. Jamilatus Sa'diyah atau yang biasa dipanggil Mila merupakan pendamping persalinan yang berhasil membangun personal branding-nya di media sosial Instagram. Walaupun usianya terbilang cukup muda dan tidak memiliki sertifikasi khusus, Mila berhasil membangun kepercayaan dari para klien, termasuk para kalangan selebriti yang memakai jasanya. Penelitian ini mengacu pada konsep delapan dimensi personal branding milik Montoya untuk mengetahui dimensi-dimensi dalam personal branding Mila dan konsep Senjata Pengaruh milik Cialdini untuk melihat faktor- faktor pesan persuasi yang dilakukan oleh Mila untuk memengaruhi audiensnya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan paradigma konstruktivisme. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah studi kasus dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi online dan studi dokumen. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi data dan kemudian data dianalisis penjodohan pola dan eksplanasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Mila menunjukkan delapan dimensi personal branding di Instagram-nya dan melakukan enam dari tujuh faktor dalam konsep Senjata Pengaruh. Mila kemudian dikenal menjadi pendamping persalinan selebriti dan diliput oleh berbagai media.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: delapan dimensi personal branding, media sosial Instagram, senjata pengaruh
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 120 Epistemology > 126 The self (personal identity, personality, personal branding)
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 20 Jul 2022 03:45
Last Modified: 12 May 2023 03:13
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/21868

Actions (login required)

View Item View Item