Rancang Bangun Aplikasi Literasi Saham dan Edukasi Investor dengan Metode Gamifikasi Berbasis Android

Samuel, Samuel (2022) Rancang Bangun Aplikasi Literasi Saham dan Edukasi Investor dengan Metode Gamifikasi Berbasis Android. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (206kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB)

Abstract

Saham merupakan tanda penyertaan modal seorang atau pihak (badan usaha) dalam suatu perusahaan atau perseroan terbatas. Saham merupakan salah satu instrumen pasar keuangan yang paling popular. Saham banyak dipilih oleh para investor karena saham mampu memberikan tingkat keuntungan yang menarik dan dapat juga digunakan sebagai sarana investasi untuk kedepannya. Namun, tidak semua orang mengerti apa itu saham dan bagaimana cara bertransaksi di dalamnya, dikarenakan masih kurangnya edukasi saham sejak dini dan masih banyak istilah saham yang melenceng. Oleh karena itu, penelitian ini menggunakan metode gamifikasi sebagai solusi untuk mengatasi kurangnya literasi dan edukasi saham kepada masyarakat dengan menerapkan framework Six Steps to Gamification didalamnya karena memiliki fitur yang cukup lengkap untuk pembelajaran. Aplikasi ini dievaluasi melalui pembagian kuesioner dengan menerapkan Technology Acceptance Model dan mendapatkan hasil bagian perceived ease of use dengan persentase sebesar 87.96% dan bagian perceived usefulness dengan persentase sebesar 84.78%.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: edukasi, gamifikasi, perceived ease of use, perceived usefulness, saham, six steps to gamification, technology acceptance model
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming > 005.5 Application / Software
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Informatics
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 20 Jul 2022 03:45
Last Modified: 25 Aug 2023 02:54
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/21870

Actions (login required)

View Item View Item