Program Dokumenter Ini Aku "Melawan Kesenjangan Laki-laki dan Perempuan di Ruang Kerja"

Kusuma, Tasya Salsabilla Rians (2022) Program Dokumenter Ini Aku "Melawan Kesenjangan Laki-laki dan Perempuan di Ruang Kerja". Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (839kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (570kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (578kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (545kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Menurut data Gender Equality by Country 2022, Indonesia berada di urutan 98 dari 155 negara. Indonesia dibandingkan dengan negara tetangga seperti Singapura di peringkat 54 dan Thailand peringkat 78, artinya masih tertinggal. Data tersebut dilihat dari empat komponen utama, Pertama, partisipasi ekonomi dan peluang. Kedua, pencapaian pendidikan. Ketiga, kesehatan dan kelangsungan hidup. Keempat, pemberdayaan politik. Ida Fauziyah, Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia mengatakan belum meratanya kesetaraan gender di kalangan pekerja Indonesia karena salah satunya stereotip dalam masyarakat. Adanya permasalahan itu, deputi Partisipasi Masyarakat Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak meminta media massa untuk ikut berperan upaya dalam menciptakan kesetaraan gender di Indonesia. Caranya melalui pemberitaan tentang peran ayah di ranah publik dan ibu di ranah domestic. Dengan begitu, salah satu upaya mewujudkan kesetaraan gender di ruang kerja penulis akan membuat topik tentang pengalaman pekerja perempuan berada di lingkungan kerja yang didominasi laki-laki, sedangkan laki-laki berada di pekerjaan yang mendominasi perempuan melalui format program dokumenter berdurasi 60 menit. Dokumenter yang dibuat termasuk jenis expository documentary karena terdapat suara voice over untuk mengiringi alur cerita. Hasil program dokumenter diberikan judul "Ini Aku: Melawan Isu Gender di Ruang Kerja" tayang di Suara.com pada 16 Juni 2022, pukul 09.00 WIB. Penulis berharap dokumenter dapat mendorong perubahan persepsi masyarakat menjadi lebih baik mengenai isu gender yang ada.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Dokumenter, kesetaraan gender, dan ruang kerja Klaster : Programming ­ Based Project
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 070 News Media, Journalism and Publishing > 070 News, mass media, journalism, and publishing > 070.18 Documentary Films, Educational Films
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 20 Jul 2022 03:50
Last Modified: 17 Jun 2023 03:43
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/21931

Actions (login required)

View Item View Item