Pemetaan Jurnalisme Game di Media Game Kotakgame.com, Jagatplay.com, Revivaltv.id, dan Gamefinity.id Periode 2-29 Januari 2022

Fabialdi Nurhapy, Mikhaangelo (2022) Pemetaan Jurnalisme Game di Media Game Kotakgame.com, Jagatplay.com, Revivaltv.id, dan Gamefinity.id Periode 2-29 Januari 2022. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (687kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (353kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (487kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (221kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Game merupakan sarana hiburan yang makin populer di Indonesia. Hal ini dibuktikan dari laporan We Are Social bahwa Indonesia menduduki peringkat ketiga sebagai negara dengan pemain game terbanyak di dunia per Januari 2022. Perkembangan game ini menjadi potensi bagi pertumbuhan jurnalisme game di Indonesia. Masalahnya, masih sedikit penelitian ilmiah di Indonesia yang mempelajari topik game, terutama jurnalisme game. Akibatnya, tidak banyak informasi yang dapat diketahui seputar cabang jurnalisme tersebut. Oleh karena itu, pemetaan konten jurnalisme game penting dilakukan untuk menggambarkan tren dan kecenderungan media game di Indonesia dalam pembuatan konten. Kegunaan akademis penelitian ini adalah sebagai sumber data untuk penelitian jurnalisme game yang berikutnya. Penelitian ini juga memperkaya studi kuantitatif dengan topik jurnalisme game yang jarang dibahas dan mengembangkan konsep berita kritis. Peneliti menggunakan konsep jurnalisme game, media daring, dan berita yang dibagi menjadi jenis berita, tipe berita, dan berita kritis. Pendekatan kuantitatif digunakan dengan metode analisis isi. Adapun media yang diteliti adalah Kotakgame.com, Jagatplay.com, Revivaltv.id, dan Gamefinity.id. Sampel acak sederhana digunakan untuk menemukan 551 berita dari 2-29 Januari 2022. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan, keempat media lebih sering membuat berita hard news dengan struktur penulisan straight news. Selain itu, hampir semua berita dapat dikategorikan sebagai berita tidak kritis.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: berita kritis, jurnalisme game, media daring, pemetaan konten, tipe dan jenis berita
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 070 News Media, Journalism and Publishing > 070 News, mass media, journalism, and publishing
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 20 Jul 2022 03:51
Last Modified: 15 Jun 2023 05:10
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/21950

Actions (login required)

View Item View Item