Pengaruh Kampanye #RespectMyBody terhadap Minat Beli Produk Somethinc: Survei pada Followers Instagram @somethincofficial

Feilin, Kezia (2022) Pengaruh Kampanye #RespectMyBody terhadap Minat Beli Produk Somethinc: Survei pada Followers Instagram @somethincofficial. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Saat ini, baik perusahaan besar maupun kecil sudah mulai beralih ke media sosial untuk melakukan kegiatan pemasarannya, baik itu melalui kampanye maupun kegiatan pemasaran lainnya. Salah satu brand yang mengandalkan kampanye dalam kegiatan pemasarannya adalah Somethinc. Melalui kampanye di Instagram yang bertajuk #RespectMyBody, Somethinc ingin mengajak masyarakat untuk merawat dan menjaga tubuh sebagai wujud penghargaan dan kasih sayang bagi diri sendiri, salah satunya adalah dengan menggunakan rangkaian produk skincare dari Somethinc. Melihat hal tersebut, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh kampanye #RespectMyBody terhadap minat beli produk Somethinc serta besarnya pengaruh yang dihasilkan. Penelitian ini mengacu pada teori Social Judgement, konsep kampanye dan juga minat beli. Penelitian ini menghipotesiskan pengaruh kampanye #RespectMyBody terhadap minat beli produk Somethinc. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanatif dan menggunakan metode survei. Data diperoleh melalui kuesioner daring kepada 104 followers akun Instagram @somethincofficial yang mengetahui atau pernah melihat rangkaian kampanye #RespectMyBody. Jenis pengambilan sampel yang digunakan adalah non- probability sampling dengan teknik purposive sampling. Hipotesis diuji dengan menggunakan uji regresi linear sederhana. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kampanye #RespectMyBody memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat beli produk Somethinc dengan besar pengaruh sebanyak 43,9%. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa kampanye #RespectMyBody memiliki tingkat hubungan yang kuat dengan minat beli produk Somethinc dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,662. Temuan baru dalam penelitian ini menunjukkan bahwa kaum laki-laki turut memiliki minat untuk membeli produk skincare yang sebelumnya cenderung diasosiasikan dengan perempuan.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Instagram, kampanye, minat beli, #RespectMyBody, self-love
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 20 Jul 2022 03:55
Last Modified: 18 Apr 2023 08:48
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/21999

Actions (login required)

View Item View Item