Joceline, Joceline (2022) Strategi Public Relations dalam Membangun Brand Image (Studi Kasus pada Menantea). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
|
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (452kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_I.pdf Download (370kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_II.pdf Download (555kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_III.pdf Download (239kB) | Preview |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
PDF
BAB_V.pdf Download (225kB) | Preview |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Teh merupakan salah satu minuman yang cukup sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Hal ini membuat persaingan UMKM dalam industri teh menjadi ketat karena banyak pelaku UMKM yang semakin sadar bahwa peluang bisnis di industri teh memiliki pasar yang cukup luas. Hal ini mendorong para pelaku UMKM harus dapat membuat strategi pemasaran dengan perencanaan yang baik dan memiliki pembeda dari brand lainnya agar dapat membangun citra di masyarakat sehingga dapat menjadi pilihan bagi konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Public Relations dalam Membangun Brand Image berdasarkan studi kasus pada Menantea dengan menggunakan konsep utama bauran P.E.N.C.I.L.S. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan paradigma post-positivisme. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam terhadap tiga partisipan dan satu informan ahli, serta observasi terhadap akun media sosial Instagram Menantea dan studi kepustakaan. Data yang diperoleh kemudian akan diperiksa menggunakan teknik triangulasi sumber. Kemudian data akan direduksi menjadi sistematis dan disajikan dalam bentuk teks, tabel, gambar, dan didukung dengan bukti yang valid sehingga dapat ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Menantea sudah melakukan ketujuh strategi Public Relations dalam bauran P.E.N.C.I.L.S. Strategi yang paling berhasil dalam membangun Brand Image-nya, yaitu Publication, dan yang masih kurang maksimal dilakukan, yakni Event, dan News. Dalam hal ini, Menantea memilih menggunakan media sosial, khususnya Instagram sebagai media utamanya. Menantea ingin membangun Brand Image sebagai merek minuman teh buah yang terjangkau, mudah dijangkau, dan dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat. Secara keseluruhan, strategi Public Relations yang dilakukan Menantea sudah cukup baik dan sesuai dengan konsep yang digunakan.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Citra Merek, Hubungan Masyarakat, Menantea Strategi Hubungan Masyarakat. |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 20 Jul 2022 03:55 |
Last Modified: | 27 Apr 2023 02:23 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/22003 |
Actions (login required)
View Item |