Hubungan Incidental News Exposure dan News Finds Me Perception dengan Social Media News Engagement Khalayak DKI Jakarta tentang Berita Pandemi COVID-19

Indrasari, Theresia Melinda (2022) Hubungan Incidental News Exposure dan News Finds Me Perception dengan Social Media News Engagement Khalayak DKI Jakarta tentang Berita Pandemi COVID-19. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (538kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (483kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (828kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (253kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Media sosial merupakan platform yang banyak dirujuk masyarakat untuk memperoleh berita seputar pandemi. Di sisi lain, media arus utama juga mulai memanfaatkan media sosial sebagai sarana distribusi berita guna meningkatkan keterbacaan. Kondisi ini memperbesar potensi terjadinya incidental news exposure oleh khalayak. Sayangnya, tak semua berita yang ditemukan secara incidental sukses meraih keterlibatan (engagement) dari khalayak. Padahal, penelitian terdahulu menyebutkan bahwa engagement berperan memediasi dampak yang diharapkan dari incidental news exposure. Oleh karena itu, penelitian ini berupaya menjelaskan hubungan incidental news exposure dan news finds me perception dengan social media news engagement khalayak DKI Jakarta tentang berita pandemi COVID-19. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif eksplanasi dan metode survei. Peneliti mengambil sampel 405 responden dengan teknik quota sampling (non-probability sampling) dari populasi penduduk DKI Jakarta berusia 20­34 tahun. Data hasil survei dianalisis dengan uji korelasi berganda di SPSS untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara variabel incidental news exposure, news finds me perception dan social media news engagement. Hasil penelitian menunjukkan bahwa incidental news exposure dan news finds me perception secara simultan memiliki korelasi sedang dengan social media news engagement khalayak pada berita pandemi COVID-19. Hanya sedikit perubahan dalam variabel social media news engagement yang dapat dijelaskan oleh adanya variasi dari variabel incidental news exposure dan news finds me perception. Di sisi lain, social media news engagement secara spesifik berkorelasi lebih besar dengan variabel incidental news exposure dibanding dengan news finds me perception.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: berita COVID-19, incidental news exposure, media sosial, news finds me perception, social media news engagement
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 070 News Media, Journalism and Publishing > 070 News, mass media, journalism, and publishing
100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > 152 Sensory perception, movement, emotions, and physiological drives
600 Technology (Applied Sciences) > 610 Medicine and Health > 614 Forensic Medicine; Incidence of Injuries, Wounds, Disease; Public Preventive Medicine
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 20 Jul 2022 03:56
Last Modified: 16 Jun 2023 07:43
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/22008

Actions (login required)

View Item View Item