Edrick, Nathaniel (2022) Pengaruh Kekuatan Pesan Instagram @Ganjar_Pranowo melalui Perilaku Pemilih terhadap Tingkat Popularitas Ganjar di Kalangan Generasi Z. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
|
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (989kB) | Preview |
|
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (289kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_I.pdf Download (388kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_II.pdf Download (356kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_III.pdf Download (316kB) | Preview |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
|
PDF
BAB_V.pdf Download (260kB) | Preview |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah, menjadi salah satu tokoh yang diperkirakan akan melanjutkan jejak politiknya menjadi calon presiden di Pemilu 2024. Hal ini tercermin dari hasil beberapa lembaga survei seperti Y-Publica yang menunjukkan bahwa Ganjar Pranowo menduduki posisi pertama 21,1%, Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) dengan angka 19,9%, dan Poltracking dengan angka 31,57%. Berdasarkan hasil tersebut, Ganjar Pranowo menjadi tokoh yang memiliki peluang besar untuk berkiprah dalam ajang Pemilu 2024. Penelitian ini berfokus pada mengetahui pengaruh kekuatan pesan yang disajikan oleh Ganjar Pranowo di unggahan Instagramnya melalui perilaku pemilih terhadap popularitasnya di Generasi Z. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu kuantitatif dengan melakukan pengujian korelasi, tes parsial & kontrol sebagai eksperimen untuk mengetahui pengaruh variabel. Populasi diperoleh dari followers Instagram @Ganjar_Pranowo sebanyak 4,7 juta. Penarikan sampel hanya digunakan sebanyak 150 orang yaitu mereka yang berusia 17 hingga 29 tahun, aktif menggunakan Instagram, dan mengetahui bahwa Ganjar merupakan salah satu tokoh yang dicanangkan maju dalam pertarungan politik di Pemilu 2024. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kekuatan pesan (variabel X) melalui perilaku pemilih (variabel Z) berpengaruh signifikan terhadap tingkat popularitas (variabel Y) sebesar 36,4%. Sedangkan kemunculan perilaku pemilih (variabel Z) menjadi variabel moderating dikarenakan angka yang diperoleh menjadi mengecil dengan angka 17,1%.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Pesan Persuasif, Popularitas Politik, Ganjar Pranowo Pengaruh Kekuatan Pesan..., Nathaniel Edrick, Universitas Multimedia Nusantara |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 20 Jul 2022 03:59 |
Last Modified: | 17 Apr 2023 06:44 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/22044 |
Actions (login required)
View Item |