Perancangan Aplikasi Simple Learn Berbasis Mobile dengan Implementasi Gamifikasi untuk Pembelajaran Daring

Harsaya, Eurico Randy Theosymeion (2022) Perancangan Aplikasi Simple Learn Berbasis Mobile dengan Implementasi Gamifikasi untuk Pembelajaran Daring. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (962kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (203kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pandemi COVID-19 mempengaruhi sistem pembelajaran di lembaga akademis, dengan terjadinya peralihan sistem pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran daring. Menurut Hasil Survey Cepat Inovasi, dari 46 responden, hanya 42% yang menggunakan aplikasi belajar online sebagai media belajar. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran daring menggunakan aplikasi dapat dikembangkan lebih lanjut. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keseruan dan produktivitas pembelajaran pada mahasiswa walaupun dalam bentuk pembalajaran daring. Pengembangan aplikasi Simple Learn untuk pembelajaran daring dengan implementasi gamifikasi menggunakan implementasi game mechanics dan game dynamics. Pengujian aplikasi dilakukan dengan melakukan survei terhadap 36 orang, survei dibuat berdasarkan Hedonic-Motivation System Adoption Model (HMSAM). Hasil evaluasi menyatakan bahwa persentase pengguna akan menggunakan aplikasi lagi pada waktu yang mendatang sebesar 88,48% dan persentase pengguna terbawa suasana saat menggunakan aplikasi sebesar 88,89%, dengan demikian dapat disimpulkan aplikasi sudah diterima positif oleh pengguna untuk pembelajaran daring.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: aplikasi, game dynamics, game mechanics, gamifikasi, HMSAM
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming > 005.5 Application / Software
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Informatics
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 20 Jul 2022 03:59
Last Modified: 24 Aug 2023 02:20
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/22053

Actions (login required)

View Item View Item