Angelim, Febiola (2022) Strategi Pesan tentang Produk Berkelanjutan di Media Sosial Instagram Demibumi (@demibumi.id). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
|
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (341kB) | Preview |
|
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (234kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_I.pdf Download (338kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_II.pdf Download (217kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_III.pdf Download (173kB) | Preview |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (794kB) |
||
|
PDF
BAB_V.pdf Download (91kB) | Preview |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (717kB) |
Abstract
Demibumi merupakan salah satu bisnis sosial yang berfokus pada isu lingkungan dengan menawarkan produk-produk berkelanjutan. Tujuan yang ingin dicapai oleh Demibumi yaitu mengajak masyarakat untuk beralih menggunakan produk-produk berkelanjutan yang ramah lingkungan. Dalam mencapai tujuan tersebut, Demibumi perlu menggunakan strategi pesan yang tepat agar pesan dapat tersampaikan dan diterima dengan baik oleh masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjabarkan strategi pesan tentang produk berkelanjutan di media sosial Instagram Demibumi (@demibumi.id), serta mengetahui apa hambatan dan solusi dalam membuat pesan tersebut. Penelitian ini menggunakan paradigma post- positivisme dengan pendekatan kualitatif. Metode penelitian ini adalah studi kasus di mana data diperoleh melalui wawancara dengan tim internal Demibumi dan dokumen-dokumen pendukung yang berasal dari Instagram maupun situs web. Hasil dari penelitian ini dijabarkan tahap-tahap perencanaan pesan, mulai dari menentukan target audiens, isi pesan, dan daya tarik pesan hingga menentukan strategi pesan berdasarkan pada tujuan komunikasi pesan yaitu generic strategy, pre-empetive strategy, credibility strategy, interactive strategy, dan emotional strategy. Penerapan message content yang digunakan oleh Demibumi adalah evidence dan fear appeal.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Strategi Pesan, Instagram, Produk Berkelanjutan |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 20 Jul 2022 04:03 |
Last Modified: | 15 Apr 2023 02:12 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/22099 |
Actions (login required)
View Item |